Sport
Jumat, 28 Juli 2017 - 09:55 WIB

Indonesia dan Malaysia Akan Bertemu Dalam JOS Ke-III

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi tim renang indah Indonesia mengawali medali Sea Games 205 untuk Indonesia di OCBC Aquatic Centre, Singapura, Kamis (4/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Kejuaraan renang indah Jogja Open Synchronized (JOS) III/2017 kembali digelar di kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kejuaraan renang indah Jogja Open Synchronized (JOS) III/2017 kembali digelar di kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta, kampus Wates, pada 4-6 Agustus mendatang. Even ini akan mempertemukan atlet-atlet renang andal yang dimiliki Indonesia dan Malaysia.

Advertisement

Ketua Panitia Pelaksana JOS III, Emilia Ayu Dewi Karuniawati mengatakan kejuaraan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Bila pada tahun lalu kegiatan ini diikuti atlet-atlet dari empat negara, pada tahun ini JOS akan diikuti oleh hanya dua negara.

Meski jumlah negara peserta menurun, namun jumlah atlet yang akan bertanding mengalami peningkatan. Total ada 94 atlet yang berasal dari 11 klub, memastikan akan ikut bertanding dalam kejuaraan tersebut. Nantinya ada dua tim eksklusif, yakni timnas renang indah Indonesia dan Malaysia yang juga ikut bertanding. Diikuti klub dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, DIY dan tiga klub dari Malaysia.

“Kejuaraan ini akan melombakan sebanyak 17 nomor pertandingan. Terbagi dalam lima kelompok usia, yakni kelompok 8 tahun, 12 tahun, 15 tahun, 18 tahun dan terbuka,” ungkapnya, Kamis (27/7/2017).

Advertisement

Disela-sela kegiatan ini, lanjutnya, pelatih timnas Indonesia, Anna Nasekina akan memberikan pelatihan dan berbagi pengalaman kepada atlet. Dan ada perbedaan mencolok antara JOS pada tahun-tahun sebelumnya dengan yang akan datang.

Bila sebelumnya JOS digelar secara eksklusif, kini JOS juga dibuka untuk ditonton untuk masyarakat umum, tanpa dipungut biaya. Bahkan sejumlah siswa sekolah di Kulonprogo akan diajak untuk menonton JOS, sebagai upaya memperkenalkan olahraga renang ke tengah masyarakat umum.

Sementara pengurus Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia, Ragil Sugirestu menjelaskan, kegiatan ini sangat bagus untuk mengukur sejauh mana kemampuan atlet.

Advertisement

“Kegiatan ini menjadi sebuah trial atau uji coba sebelum berlaga di ajang Sea Games, apalagi timnas Malaysia juga ikut bertanding,” jelasnya.

JOS juga menjadi ajang untuk mengembangkan bakat atlet renang di Kulonprogo, mengingat belum banyak atlet renang yang berasal dari Bumi Menoreh ini. Terhitung, baru ada satu orang atlet Kulonprogo mengikuti JOS. Sehingga, dengan cara ini, diharapkan membuka kesempatan untuk memajukan Kulonprogo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif