Lifestyle
Sabtu, 22 Juli 2017 - 03:00 WIB

TIPS KEUANGAN : Begini Pengelolaan Keuangan Setelah Kelahiran Anak Pertama

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengelolaan keuangan (howtomintmoney.com)

Tips keuangan kali ini membahas hal-hal yang perlu diperhatikan setelah kelahiran anak pertama.

Solopos.com, SOLO — Setelah kelahiran anak pertama, ada beberapa hal yang berubah. Bukan hanya kesibukan bertambah, melainkan juga pengelolaan keuangan juga perlu diubah.

Advertisement

Tidak sedikit pasangan muda mengabaikan persiapan finansial untuk kebutuhan anak pertama. Padahal, penundaan ini justru bisa mengarah pada persoalan yang lebih besar ketika sang anak mulai tumbuh dewasa.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, berikut ini beberapa tips mengatur finansial yang dapat Anda gunakan seperti yang dilansir dari laman cbsnews.com, belum lama ini:

Advertisement

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, berikut ini beberapa tips mengatur finansial yang dapat Anda gunakan seperti yang dilansir dari laman cbsnews.com, belum lama ini:

Asuransi kesehatan
Satu hal yang penting yang harus Anda lakukan adalah menjamin asuransi kesehatan dari buah hati Anda. Hal ini memang tidak seasyik memilih nama untuk Anak ataupun mempersiapkan kebutuhan yang dibutuhkan.

Namun, kesehatan merupakan faktor utama yang tetap harus Anda perhatikan. Anda dapat memulai dengan mengecek apakah jaminan kesehatan tersebut dapat langsung Anda nikmati atau Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu sampai pihak asuransi dapat menanggung biaya yang dikeluarkan.

Advertisement

Produk deposito berjangka cocok bagi pasangan muda dengan penghasilan yang besarannya tidak tentu setiap bulannya. Sedangkan asuransi pendidikan lebih tepat bagi para orang tua yang memiliki penghasilan tetap. Cara mana pun yang dipilih, cobalah untuk konsisten menjalankannya.

Berhemat memilih produk
Ketika baru memiliki anak, sebagian orang tua mungkin tergoda dalam membeli berbagai kebutuhan bayi seperti pakaian yang lucu atau mainan yang menarik untuk sang buah hati.

Tapi, cobalah Anda pertimbangkan lagi, sampai sejauh mana pakaian atau mainan tersebut dalam bermanfaat bagi anak.
Melakukan penghematan jangka pendek seperti membeli pakaian pada jumlah yang cukup pada harga yang normal, berarti Anda sebenarnya juga sudah menabung bagi keperluan jangka panjang dan menengah anak.

Advertisement

Fleksibel mengatur keuangan
Tidak peduli sebaik apa Anda mengatur keuangan sebelum sang buah hati lahir, terkadang ada saja perubahan-perubahan yang harus Anda sesuaikan.

Misalnya, Anda mungkin berencana untuk kembali bekerja setelah memiliki anak, tetapi dengan tuntutan dan kebutuhan yang Anda harus penuhi, Anda akhirnya lebih memilih untuk tinggal di rumah dengan anak Anda.

Jangan khawatir apabila rencana Anda berubah di tengah jalan. Semuanya akan tetap baik-baik saja selama Anda siap dengan segala risikonya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif