Jogja
Sabtu, 22 Juli 2017 - 11:22 WIB

PEMDA DIY : Republik Ceko Buka Peluang Kerja Sama Bidang Transportasi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/BISNIS/Dok)

Pemda DIY menerima tamu dari Ceko

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Republik Ceko merespon cepat rencana pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA). Mereka semakin gencar melakukan penjajakan untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah DIY.

Advertisement

Hal itu diutarakan oleh Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek. Ditemui usai menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (21/7/2017). Dirinya mengaku telah melakukan penjajakan kerja sama dengan pemerintah DIY, terutama dalam bidang transportasi.

“Cukup panjang kami berdiskusi soal kemungkinan kerja sama itu,” kata Hotek.

Ia menilai, DIY memiliki potensi besar untuk menjadi rekanan pemerintah Republik Ceko dalam bidang transportasi. Rencana dibangunnya NYIA, pun tak dipungkirinya menjadi salah satu alasan bagi pihaknya untuk menawarkan kerja sama tersebut.

Advertisement

Hanya saja, saat ditanya mengenai lebih jauh perihal detail kerja sama itu, dirinya belum bisa menjelaskan.

“Masih sebatas diskusi saja,” katanya.

Tak hanya itu, pemerintahnya Republik Ceko diakuinya juga berniat mengundang pemerintah DIY untuk meninjau sejumlah fasilitas bandara yang ada di sana. Dengan begitu, pemerintah DIY diharapkannya bisa mendapatkan tambahan wawasan terkait bandara berstandar internasional.

Advertisement

Terpisah, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyambut gembira dengan kedatangan pemerintah Republik Ceko tersebut. Hanya saja, lantaran pertemuan itu sebatas penjajakan saja, dirinya pun enggan banyak berkomentar.

“Ditunggu saja, ya,” singkatnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif