News
Sabtu, 22 Juli 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 22 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (kiri) dan Jusuf Kalla (kanan). (Wp.com)

Catatan peristwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Juli.

Semarangpos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Juli. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, beragam peristiwa itu terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 22 Juli.

Advertisement

838
Pasukan Kekaisaran Bizantium kalah dari pasukan Kekhalifahan Abbasiyah dalam Pertempuran Anzen di Anzen atau kini Dazmana di Turki. Pasukan Kekaisaran Bizantium yang dipimpin Theophilos dianggap memiliki strategi buruk dalam pertempuran itu. Hal tersebut membuat pasukan Kekhalifahan Abbasiyah yang dipimpin Khaydhar bin Kawus Al-Afshin dengan mudah melakukan pengepungan.

Lukisan Mehmed II. (Alfatihpress.com)

Advertisement

Lukisan Mehmed II. (Alfatihpress.com)

1456
Pasukan Kesultanan Ottoman yang dipimpin Mehmed II dikalahkan pasukan Kerajaan Hungaria di Nandorfehervar atau kini Beograd. Pasukan Ottoman yang mengepung Beograd sejak 4 Juli justru kalah setelah pasukan Hungaria melancarkan serangan mendadak.

1499
Pertempuran Dornach antara pasukan Konfederasi Swiss dan pasukan Kekaisaran Romawi meletus di Dornach, Swiss. Pertempuran yang dipicu serangan pasukan Kekaisaran Romawi itu berhasil dimenangi pasukan Swiss. Setelah pertempuran itu berakhir, sebuah monumen didirikan di Dornach untuk memperingati kemenangan Swiss atas Romawi.

Advertisement

1963
Sarawak memperoleh kemerdekaan penuh dari Inggris. Dua bulan kemudian, Sarawak bergabung dengan Federasi Malaysia.

 

Stewart Downing kala masikh berseragam Liverpool. (Liverpoolecho.co.uk)

Advertisement

1984
Stewart Downing lahir di Middlesbrough, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub raksasa di Inggris, Liverpool, dari 2011 hingga 2013. Kini, Downing membela klub yang bermarkas di tanah kelahirannya, Middlesbrough.

Selena Marie Gomez. (Elleuk.com)

1992
Selena Marie Gomez lahir di Grand Prairie, Texas, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai seorang aktris, penyanyi, dan perancang busana. Selena Gomes memulai kariernya di bidang hiburan sejak 2002.

Advertisement

2002
Pesawat F-16 milik Israel membombardir sebuah blok apartemen di Gaza dan menewaskan 15 warga sipil termasuk anak-anak. Israel mengklaim serangan itu ditujukan untuk membunuh anggota kelompok Hamas, Sheikh Salah Shahada.

2003
Pasukan Amerika Serikat (AS) melakukan serangan ke sebuah permukiman di Irak. Serangan itu menewaskan dua anak dan satu cucu Saddam Hussein. Anak Saddam Hussein yang tewas adalah Uday Hussein dan Qusay Hussein. Sedangkan cucu Saddam Hussein yang juga tewas yakni Mustapha Hussein, putra Qusay Hussein yang masih berusia 14 tahun.

2014
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2014. Joko Widodo dan Jusuf Kalla lantas dilantik pada 20 Oktober di tahun yang sama. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristwa Dunia, 21 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristwa Dunia, 20 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristwa Dunia, 29 Juli

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif