Teknologi
Rabu, 19 Juli 2017 - 00:00 WIB

TAHUKAH ANDA? : Inilah 8 Binatang yang Memiliki Lebih dari 2 Mata

Redaksi Solopos.com  /  Syifaul Arifin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Udang Mantis (Youtube.com)

Tahukah anda, ada binatang yang memiliki lebih dari dua mata.

Solopos.com, SOLO — Mata hewan yang biasa kita temui memang macam-macam sekali bentuknya. Ada yang melotot dan tampak mengancam seperti milik macan.

Advertisement

Ada juga yang jernih dan teduh seperti milik beberapa burung. Menurut penelitian yang dilansir Thescienceexplorer.com, bentuk dan fungsi mata dari berbagai spesies makin beragam dan berkembang secara kompleks sejak ditemukan 540 juta tahun lalu.

Berikut ini deretan fauna pemilik mata unik:

Bintang Laut

Penggemar serial kartun Spongebob Squarepants pasti sudah akrab dengan sobat sang lakon bernama Patrick. Ya, di dunia nyata Patrick adalah bintang laut.

Banyak orang tidak memperhatikan binatang berwarna merah muda ini sebenarnya juga punya mata. Jumlahnya ada lima, satu di setiap ujung lengannya.

Laba-laba berwajah raksasa

Laba-laba (Frank Vassen/Flickr)

Advertisement

Fauna ini disebut punya enam mata. Namun saat diperhatikan sekilas, yang nampak hanya sepasang alias dua buah saja karena ukurannya relatif besar dibandingkan mata lainnya.

Penglihatan malam mereka bisa 100 kali lipat lebih baik dibandingkan manusia. Bukan karena ukuran mata mereka yang besar semata, melainkan juga adanya lapisan sel yang peka cahaya yang melapisinya.

Selaput ini sangat peka cahaya sehingga hancur saat pagi menjelang dan baru muncul lagi begitu gelap tiba.

Selanjutnya Capung…

Capung

 

Capung (Mark Morgan/Flickr)

Advertisement

Serupa dengan berbagai jenis serangga lainnya, capung juga dikaruniai mata majemuk yang tersusun dari 30.000 ommatidia. Namun, mata capung lebih kompleks dibandingkan serangga lainnya.

Mata mereka ukurannya cukup besar hingga hampir seukuran kepalanya. Selain itu, keunikan lain mata capung adalah bidang pandangnya yang bisa 360 derajat.

Fauna ini juga dibekali organ ocelli seperti milik bintang laut, sehingga mereka bisa mendeteksi pergerakan supercepat hingga sepersekian detik.

 

 

Sotong

Sotong (Istimewa/Wikipedia)

Advertisement

Sotong punya mata berbentuk huruf “W” yang unik dan juga kuat.

Walaupun indra penglihatannya tidak bisa digunakan untuk mengenal warna alias buta warna, namun mata sotong yang telah berevolusi disebut sangat jago polarisasi.

 

 

 

 

 

Advertisement

Bunglon

Bunglon (Istimewa/Wikipedia)

Fauna ini memiliki mata paling unik di antara binatang lainnya. Kelopak mata bunglon membentuk sejenis lingkaran yang mengelilingi sekujur bola matanya dan hanya menyisakan satu lubang seukuran jarum untuk melihat.

Sepasang mata bunglon juga unik lantaran masing-masing bisa bergerak sendiri-sendiri dan mampu melihat dalam bidang pandang 360 derajat. Kemampuan ini membuat bunglon bisa melihat ke dua tempat berbeda sekaligus.

Selanjutnya: Tokek

 

 

Advertisement

 

 

Tokek jenis ekor daun (Leafed Tailed Gecko)   

                                                                                                          

Tokek (Frank Vassen/Flickr)

Hewan ini memiliki kemampuan kamuflase, bukan dengan kulitnya, tetapi dari matanya. Tokek ini memiliki pola mata yang unik dan rumit dan juga indah sehingga bisa dijadikan sebagai kamuflasenya di batang pohon.

Advertisement

 

 

 

 

 

 

Tarsius

Tarsius (Devantart.com)

Primata dengan tubuh yang kecil ini memiliki mata yang sangat besar dan juga memiliki night vision yang hebat. Bisa dikatakan dalam berburu mangsanya, Tarsius mengandalkan matanya dan juga pergerakan lehernya yang bisa 180 derajat bisa memutar.

 

 

 

Udang Mantis

Udang Mantis (Youtube.com)

Di dalam mata udang ini terdapat mata lagi sehingga mata udang ini tersusun dari mata yang lebih kecil atau disebut faset. Udang Mantis memiliki 10.000 faset.

Dari 10.000 faset ini Udang Mantis dapat membedakan 100.000 warna yang berbeda. Padahal manusia memiliki kemampuan membedakan dalam 1.000 warna.

 

Advertisement
Kata Kunci : Serba Lima Tahukah Anda?
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif