Lifestyle
Rabu, 19 Juli 2017 - 09:00 WIB

Kuil Ini Jadi Situs Warisan Budaya UNESCO Terbaru

Redaksi Solopos.com  /  Alvari Kunto Prabowo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - sal;ah satu relief di Kuil Hutan Sambor Prei Kuk kamboja. (JIBI/wikimedia)

Kuil hutan di kamboja jadi situs warisan UNESCO terbaru

Solopos.com, Phnom Penh– Organisasi PBB bidang budaya, UNESCO baru belum lama ini menetapkan Kuil Hutan Sambor Prei Kuk di Kamboja menjadi situs warisan budaya dunia terbaru. Kuil yang dibangun pada abad ke-16 dan ke-17 itu disebut UNESCO sebagai Ishanapura, Ibu Kota Kekaisaran Chenla kuno. Ini merupakan peradaban Khmer dan lebih tua dari Kekaisaran Khmer.

Advertisement

Dikutip dari reuters, Selasa (18/7/2017), Kamboja selama ini terkenal dengan situs sejarah kompleks kuil Angkor Wat. Namun, melihat potensi sejarah Sambor Prei Kuk, UNESCO memutuskan memasukkan kuil yang identik dengan kawasan hutan asrinya sebagai warisan dunia. Sambor Prei Kuk dalam bahasa Khmer berarti kuil dengan kekayaan hutannya berada di 206 km utara Ibu Kota Phnom Pehn.

Salah satu relief di Kuil Hutan Sambor Prei Kuk kamboja. (JIBI/wikimedia)

Secara harfiah, kuil tersebut merupakan rumah dari banyak kuil. Hasil penelusuran, sepuluh di antaranya berbentuk segi delapan. Sambor Prei Kuk bersama Angkor Archaeological Park dan kuil Preah Vihear di perbatasan Thailand-Kamboja menjadi situs warisan dunia.

Advertisement

” Sambo Prei Kuk kini menjadi situs warisan dunia, tentu ada harapan kami dapat mendapat banyak keuntungan. Kami berterima kasih pada para nenek moyang yang membangun dan menjaga kuil ini,” ujar seorang penjaga kuil, Sem Norm.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif