Sport
Selasa, 18 Juli 2017 - 08:20 WIB

Pembalap Pelatnas BMX Indonesia Dominasi Ajang BNC

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harian Jogja/Jumali Pembalap Nasional Elga Kharisma (merah) dan Cupi Novianti (putih) beradu cepat di BMX National Championship 2017 di Sirkuit Youth Center, Sleman, Minggu (16/7) siang. Kedua pembalap Nasional ini akan mewakili Indonesia di ajang SEA Games 2017 di Malaysia, beberap waktu mendatang.

BMX Indonesia ikuti BNC di Youth Center, Sleman.

Harianjogja.com, SLEMAN — Pembalap Pelatnas BMX Indonesia yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017, Malaysia, 19-31 Agustus mendatang tampil mendominasi di ajang BMX National Championship (BNC) di sirkuit Youth Center, Sleman, Minggu (16/7/2017).

Advertisement

Pada nomor Men Elite, pembalap putra Pelatnas BMX I Gusti Bagus Saputra menunjukkan keperkasaannya dengan memenangi perlombaan. Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh Firman Chandra Alim dari Jatim dan Renoza Aldi Pratama dari United Bike. Sementara, pembalap putra Pelatnas BMX Rio Akbar harus puas berada di posisi ke-7, setelah di posisi keenam ditempati oleh M Khabibur Rohman, Andy Prayoga di tempat ke-5 dan Ari Kristanto di posisi ke-4.

Sedangkan di nomor Women Elite, pembalap putri Pelatnas Elga Kharisma Novanda dan Cupi Nopianti menunjukkan tajinya dengan memenangi nomor bergengsi. Elga finish di tempat pertama, disusul Cupi Nopianti di tempat kedua. Adapun di posisi ketiga dan keempat diisi oleh Susy Suswanti dan Dea Nurbaeti.

Sementara hasil cukup baik juga diperlihatkan oleh para pembalap asal DIY. Pada kategori Men Junior, pembalap asal Jogja, M Tegar Alam Tsany mencatatkan menjadi yang tercepat, disusul pembalap DIY lainya, Reno Satria dan Fasya Ahsana Rifki. Sedangkan pembalap veteran DIY, Nur Warsito harus puas berada di peringkat kedua dan mengakui keunggulan Abuamin yang menjuarai nomor BMX Master.

Advertisement

Manajer balap sepeda Timnas Indonesia, Budi Saputra mengatakan, keikutsertaan para pembalap Pelatnas BMX pada ajang ini adalah sebagai ajang pemanasan sebelum nantinya diberangkatkan ke SEA Games 2017, Malaysia, 19-31 Agustus mendatang. Sejauh ini, Pelatnas BMX Indonesia diikuti oleh lima pembalap, yakni Elga Kharisma Novanda dan Cupi Nopianti di kategori putri dan I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar serta Tony Syafrudin di kategori putra. Para pembalap tersebut dipatok mampu mempersembahkan satu emas di ajang pesta olahraga dua tahunan ini.

“Dari jumlah tersebut, nantinya kami hanya akan membawa 4 pembalap. Semua akan kami tentukan jelang keberangkatan nantinya,” kata Budi.

Menurut Budi, sejauh ini target meraih satu emas di nomor Elite Putri pada cabang balap sepeda BMX realistis. Sebab, dari peta awal yang ada, lawan terberat untuk Indonesia adalah Thailand dan Malaysia. “Untuk BMX Putra peluang kami meraih emas masih fifty-fifty karena Danny Caluag akan turun membela Filipina. Ini akan menjadi tantangan bagi kami,” tandas Budi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif