Soloraya
Selasa, 4 Juli 2017 - 16:15 WIB

WISATA WONOGIRI : Punya Bukit Jonambang dan Embung, Watuagung Dijadikan Desa Wisata

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati wahana kuda tunggang di Wisata Alam Bukit Jonambang Watuagung, Baturetno, Wonogiri, Minggu (2/7/2017). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Wisata Wonogiri, wilayah Watuagung dijadikan desa wisata.

Solopos.com, WONOGIRI — Desa Watuagung di Kecamatan Baturetno KabupatenWonogiri akan dijadikan desa wisata. Wisata Alam Bukit Jonambang menjadi embrio program desa wisata tersebut.

Advertisement

Kepala Desa (Kades) Watuagung, Tugimin, saat ditemui di Bukit Jonambang, Minggu (2/7/2017), menyampaikan di Watuagung terdapat beberapa lokasi selain Bukit Jonambang yang bisa dikembangkan menjadi tempat wisata.

Salah satunya embung berukuran kurang lebih 100 meter x 50 meter berjarak sekitar 500 meter dari Bukit Jonambang. Embung tersebut akan dijadikan wisata air menggunakan sarana perahu.

Tak jauh dari embung terdapat tanah kas desa yang akan dijadikan tempat pemancingan. Kawasan sekitarnya terdapat sumber mata air yang tak pernah kering. Pemerintah desa bakal membangun kolam renang berukuran 50 meter x 30 meter tak jauh dari mata air.

Advertisement

Sebelumnya warga memanfaatkan air dari mata air itu untuk mandi. Kades menyebut sekarang warga jarang memanfaatkannya karena warga sudah memiliki sumur, sehingga airnya dapat digunakan untuk keperluan lain.

“Airnya juga akan kami arahkan untuk mencukupi kebutuhan di Wisata Bukit Jonambang,” kata Kades.

Dia melanjutkan pembangunan kawasan wisata tersebut merupakan program jangka panjang yang akan dimulai tahun depan. Program sangat memungkinkan direalisasikan karena sekarang desa memiliki dana desa yang nilainya tiap tahun cukup besar.

Advertisement

Disinggung ihwal pengelolaan Wisata Bukit Jonambang, Kades mengatakan ke depan akan dikeloa Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang terbentuk belum lama ini. Karang Taruna Trias Agung yang saat ini mengelola akan menjadi bagian dari BUM Desa.

“Wisata Alam Jonambang ke depan jadi unit usaha BUM Desa. Orang-orang yang mengelola tetap dari karang taruna. Hanya wadahnya saja yang berbeda. Karang taruna akan jadi bagian dari BUM Desa,” imbuh Kades.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Trias Agung Watuagung, Budiyanto, 40, mengatakan pihaknya sangat membutuhkan masukan, kritik, dan saran dari pihak terkait agar pengembangan wisata bisa maksimal.

Menurut dia pengembangan tak bisa hanya mengandalkan tanaga dan pemilikiran karang taruna. “Masih banyak yang perlu kami lakukan. Kami membutuhkan bimbingan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif