Soloraya
Selasa, 27 Juni 2017 - 10:45 WIB

PASAR TRADISIONAL WONOGIRI : Pembangunan Pasar Baturetno Dihentikan 13 Hari karena Lebaran, Pemkab Tak Khawatir

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pekerja beraktivitas di proyek revitalisasi Pasar Baturetno I Wonogiri sebelum pekerjaan dihentikan 20 Juni lalu. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Baturetno dihentikan selama 13 hari karena Lebaran.

Solopos.com, WONOGIRI — Proyek revitalisasi Pasar Baturetno I di Kecamatan Baturetno, Wonogiri, senilai Rp48 miliar dihentikan sementara selama 13 hari sejak 20 Juni-2 Juli mendatang untuk memberi kesempatan seluruh pekerja berlebaran.

Advertisement

Hal itu dinilai tidak masalah karena pekerjaan sudah digenjot sejak awal. Pantauan Solopos.com di lokasi proyek, Rabu (21/6/2017), tidak terlihat aktivitas apa pun. Bagian dalam proyek tak bisa dilihat karena sekeliling lokasi tertutup seng.

Pintu yang biasanya untuk akses masuk dan keluar tertutup rapat. Dilihat dari luar terlihat alat berat yang terparkir.

Advertisement

Pintu yang biasanya untuk akses masuk dan keluar tertutup rapat. Dilihat dari luar terlihat alat berat yang terparkir.

Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri, Agus Suprihanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (23/6/2017), menyampaikan proyek dihentikan sementara. Hanya, dia tidak hapal kepastian penghentian pekerjaan sejak kapan dan hingga kapan.

Informasi terakhir yang didapatnya pekerjaan dihentikan sementara sejak H-3 hingga H+5 Lebaran. Jika Lebaran jatuh pada 25 Juni, berarti pekerjaan dihentikan sejak 22-30 Juni. Namun, saat Solopos.com mengamati Rabu itu sudah tidak ada aktivitas.

Advertisement

Namun, dia mengaku belum mengetahui secara pasti capaian dan target saat pekerjaan dihentikan. Seluruh pekerjaan diawasi Manajemen Konstruksi (MK) dari PT Yodya Karya Wilayah I, Kota Semarang. MK melapor ke dinas selaku pengguna anggaran tiap bulan.

“Seluruh material sudah masuk di lokasi sejak sebelum dihentikan sementara. Jadi nanti setelah pekerjaan dimulai material siap,” kata Agus.

Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Revitalisasi Pasar Baturetno I, Teguh Setiyono, menginformasikan pekerjaan dihentikan sementara mulai 20 Juni. Operasional kantor kontraktor mulai buka 28 Juni, sedangkan pekerja mulai beraktivitas 3 Juli.

Advertisement

Dia mencatat pada pekan kelima capaian melampaui target hingga 2 persen. Capaian positif itu terjadi karena sejak awal pekerjaan terus digenjot. Pada pekan keenam capaian nyaris memenuhi target.

Kekurangannya sangat tipis, yakni 0,3 persen dari target 9,872 persen. Menurut Camat Baturetno itu kondisi tersebut dapat dimaklumi.

“Saya sudah melaporkan kepada Bupati. Kondisi ini bisa memaklumi. Toh kekurangannya sangat kecil. Setelah proyek dilanjutkan pekerjaan akan digenjot terus supaya rampung sesuai target 4 Desember mendatang,” kata Teguh.

Advertisement

Dia meyakini ketertinggalan pekerjaan akibat proyek dihentikan sementara dapat dikejar. Seluruh material sudah masuk lokasi proyek termasuk alat berat yang dibutuhkan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif