Jateng
Selasa, 27 Juni 2017 - 20:50 WIB

MUDIK 2017 : 900 Pemudik Daftar Kapal Gratis Semarang-Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemudik bersepeda motor bisa gratis menumpang kapal K.M. Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (21/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Galih Pradipta)

Mudik Lebaran 2017 dilalui 900 pemudik bermotor yang telah mendaftar ikut naik kapal gratis rute Semarang-Jakarta.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 900 pemudik bersepeda motor telah mendaftarkan diri sebagai penumpang kapal gratis rute Semarang-Jakarta pada arus balik Lebaran 2017. “Tentu jumlah ini akan terus meningkat mengingat kami ada pemberangkatan empat kali kapal gratis,” kata Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Gajah Rooseno di Semarang, Selasa (27/6/2017).

Advertisement

Kapal K.M. Dobonsolo sejak awal musim mudik Lebaran 2017 telah mengangkut para pemudik bersepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Selanjutnya kala para pemudik hendak balik ke wilayah perantauan, kapal yang sama melayani rute sebaliknya.

Para pemudik bersepeda motor bersama kendaraan roda dua mereka dijadwalkan kembali balik ke daerah perantauan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan K.M. Dobonsolo pada tanggal 30 Juni, 2, 4, dan 6 Juli 2017. Sedangkan dari sisi kapasitasnya setiap pemberangkatan yaitu 3.000 penumpang dan 1.000 sepeda motor.

“Harapannya masyarakat bisa menikmati fasilitas ini. Kami berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang, salah satunya melalui kapal gratis ini,” katanya.

Advertisement

Sejauh ini, dikatakannya, belum ada pergerakan kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke rute-rute luar Jawa. Menurut dia, pemberangkatan baru mulai Rabu (28/6/2017). “Untuk rutenya ke Kumai dan Pontianak. Meski demikian, saya memprediksi jumlah pemudik yang balik ke tempat kerja baru sedikit,” katanya.

Ia memperkirakan puncak arus balik baru akan terjadi pada hari Jumat (30/6/2017). Untuk rata-rata jumlah penumpang pada puncak arus balik sama dengan puncak arus mudik yaitu mencapai 7.000 penumpang/hari. Ia mengatakan sama dengan arus balik Lebaran tahun lalu, untuk tahun ini arus balik juga akan terjadi hingga 15 hari seusai Lebaran 2017.

Sementara itu, pada arus balik kali ini total jumlah kapal yang melayani para pemudik sebanyak 16 kapal dengan masing-masing kapal melayani enam kali hingga 7 kali pemberangkatan dari Semarang.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif