Soloraya
Selasa, 27 Juni 2017 - 15:24 WIB

Jl. Jenderal Sudirman Depan Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo Macet

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi kemacetan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Pasar Ir. Soekarno pada H-2, Selasa (27/6/2017). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Jl. Jenderal Sudirman macet, khususnya depan Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Penumpukan kendaraan bermotor terjadi di Jl. Jenderal Sudirman tepatnya di depan Pasar Ir. Soekarno pada dua hari setelah Lebaran atau H+2. Aparat kepolisian menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Advertisement

Pantauan Solopos.com, Selasa (27/6/2017), volume kendaraan bermotor dari arah Solo-Wonogiri meningkat secara signifikan. Penumpukan kendaraan bermotor terjadi mulai dari depan Kantor Bank Jateng Sukoharjo hingga Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo. Lantaran terjadi penumpukan kendaraan bermotor, polisi mengalihkan arus lalu lintas dari Wonogiri-Solo.

Mayoritas kendaraan bermotor didominasi mobil pribadi asal Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sebagian pemudik ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengunjungi objek wisata di wilayah Soloraya. Mereka ingin berekreasi ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) di Wonogiri.

Seorang warga asal Kota Depok, Jawa Barat, Ihsan, mengatakan telah bersilaturahmi dengan orangtua dan kerabat keluarganya di wilayah Kartasura saat Lebaran. Mereka berkumpul setelah menunaikan Salat Id. Lantaran ingin melepas penat, ia mengajak keluarga besarnya berekreasi ke WGM, Wonogiri.

Advertisement

“Sebenarnya ingin berwisata ke kawasan Tawangmangu, Karanganyar. Biasanya, kondisi arus lalu lintas menuju Tawangmangu macet saat libur Lebaran. Keluarga saya akhirnya ingin menikmati panorama alam di WGM,” kata dia, saat berbincang dengan Espos, Selasa.

Volume kendaraan bermotor dari Solo-Wonogiri melonjak tajam pasca-Lebaran. Mereka melewati Jl. Solo-Wonogiri baik menuju objek wisata WGM maupun rumah kerabat keluarga. Alhasil, penumpukan kendaraan bermotor terjadi di depan Pasar Ir. Soekarno. Terlebih, masih ada mobil yang diparkir di bahu jalan. Hal ini memerparah kemacetan arus lalu lintas di ruas jalan protokol itu.

“Dari pagi hari sudah macet karena jumlah mobil menuju Wonogiri atau Jawa Timur cukup banyak,” kata dia.

Advertisement

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mengatakan kendaraan bermotor dari arah Wonogiri menuju Solo dialihkan menuju Jl. Pemuda. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas di depan Pasar Ir. Soekarno.

Petugas juga mengarahkan sebagian mobil pemudik melewati jalur lingkar utara untuk memecah penumpukan kendaraan bermotor menuju dari Solo-Wonogiri. “Pengalihan arus lalu lintas dilakukan mulai sebelum Lebaran. Hal ini selalu diterapkan saat arus mudik dan balik Lebaran. Terlebih, masih ada pemudik yang pulang ke kampung halaman,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif