News
Senin, 26 Juni 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 26 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Harry Truman menandatangani United Nations Charter. (Sfcronicle.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 26 Juni, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-177—hari ke-178 dalam tahum kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 26 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 26 Juni:

Advertisement

363
Kaisar Romawi Flavius Claudius Julianus tewas saat bertempur melawan pasukan Kekaisaran Sasaniyah dalam Pertempuran Samarra di Samarra, Mesopotamia atau kini Irak. Jenderal militer Romawi Jovianus lantas ditunjuk menjadi kasar menggantikan Julianus.

1522
Pasukan Kekaisaran Ottoman memulai Pengepungan Pulau Rhodes untuk kali kedua. Pengepungan itu dilakukan demi merebut Pulau Rhodes dari tangan Ksatria Rhodes. Pengepungan itu berlangsung hingga 22 Desember di tahun yang sama dengan kemenangan pasukan Kekasaran Ottoman.

Advertisement

1522
Pasukan Kekaisaran Ottoman memulai Pengepungan Pulau Rhodes untuk kali kedua. Pengepungan itu dilakukan demi merebut Pulau Rhodes dari tangan Ksatria Rhodes. Pengepungan itu berlangsung hingga 22 Desember di tahun yang sama dengan kemenangan pasukan Kekasaran Ottoman.

1944
Pertempuran Osuchy yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan pemberontak Polandia di Solska Wilderness, dekat Osuchy, Polandia berakhir dengan kemenangan Jerman. Pertempuran tersebut adalah pertempuran terbesar antara pasukan Jerman dan pasukan pemberontak Polandia.

1945
Piagam PBB ditandatangani di San Francisco, Amerika Serikat (AS) oleh 50 negara anggota PBB. Piagam tersebut adalah adalah perjanjian dasar Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebagai piagam, ini adalah perjanjian konstituen dan semua anggota terikat oleh isi piagam tersebut. Piagam PBB mulai berlaku pada 24 Oktober 1945.

Advertisement

Elvis Presley. (Billboard.com)

1968
Paolo Maldini lahir di Milan, Italia. Ia lantas dikenal sebagai legenda sepak bola di Italia. Selama kariernya, ia hanya membela satu klub, yakni AC Milan.

1977
Penyanyi rock n roll asal Amerika Serikat (AS), Elvis Presley, tampil untuk kali terakhir dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana, AS. Selang beberapa pekan, tepatnya pada 16 Agustus 1977, Elvis ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Graceland, Memphis, Tennessee, AS akibat serangan jantung. Saat itu, ia berusia 42 tahun.

Advertisement

1991
Menyusul deklarasi kemerdekaan Slovenia dua hari sebelumnya, Tentara Rakyat Yugoslavia memulai perang demi mengembalikan Slovenia menjadi bagian dari Yugoslavia. Perang itu berlangsung selama 10 sehari sehingga disebut dengan Perang 10 Hari. Perang tersebut dimenangi pihak Slovenia. Perjanjian damai antara Yugoslavia ditandatangani pada 7 Juni.

Ariana Grande. (Billboard.com)

1993
Ariana Grande-Butera di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai seorang penyanyi dan aktris ternama di AS. Ariana Grande memulai kariernya sebagai aktris sejak 2009, sedangkan kariernya sebagai penyanyi ia mulai sejak 2011.

Advertisement

2001
Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Australia John Howard di Canberra, Australia. Pertemuan itu bertujuan untuk memperbaiki hubungan bilateral kedua negara.

2007
Tiongkok mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan jembatan laut terpanjang di dunia. Jembatan itu terbentang 22,5 mil melintasi Teluk Hangzhou di Laut Tiongkok Timur. Jembatan tersebut dibuka pada 2008 setelah pembangunan jalan di sekitarnya selesai.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 25 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 Juni

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif