News
Sabtu, 24 Juni 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lionel Messi. (Skysports.com)

Catatan peristiwa dunia yang terjadi 24 Juni, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 24 Juni. Demi mengenang berbagai perstiwa itu, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 24 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

217 SM
Pasukan Romawi yang dipimpin Gaius Flaminius dikalahkan pasukan Carthage pimpinan Hannibal dalam Pertempuran Trasimene di dekat Danau Trasimene, Italia. Pasukan Romawi harus kehilangan 30.000 tentaranya, sedangkan pasukan Carthage hanya kehilangan 4.000 tentaranya.

John Cabot. (History.com)

Advertisement

John Cabot. (History.com)

1497
Seorang penjelajah asal Italia, John Cabot, bersama awak kapalnya, berhasil mendarat di kawasan Amerika bagian utara. Banyak yang berpendapat John Cabot mendarat di kawasan yang kini disebut dengan nama Newfoundland. John Cabot bersama awak kapalnya menjadi kelompok kedua dari Eropa yang berhasil mencapai daratan Amerika bagian utara setelah Bangsa Viking.

Henry VIII. (Englishhistory.net)

Advertisement

1571
Penjelajah asal Spanyol, Miguel Lopez de Legazpi, menetapkan Manila sebagai ibu kota Hindia Timur kekuasaan Spanyol. Miguel Lopez de Legazpi adalah penjelajah pertama yang mendirikan permukiman orang Spanyol di kawasan Hindia Timur atau kini dikenal sebagai kawasan Asia Tenggara.

1779
Pasukan Prancis dan Spanyol memulai Pengepungan Gibraltar untuk mengambil alih kekuasaan di Selat Gibraltar dari Inggris. Pengepungan itu berlangsung hingga 7 Februari 1783. Pada akhirnya, Prancis dan Spanyol yang telah melakukan pengepungan selama hampir empat tahun itu gagal merebut kekuasaan Inggris di Selat Gibraltar.

1913
Yunani dan Serbia membatalkan persekutuan mereka dengan Bulgaria. Keputusan tersebut lantas memicu terjadinya Perang Balkan Kedua.

Advertisement

1943
Pertempuran Bamber Bridge meletus di Bamber Bridge, Lancashire, Inggris. Pertempuran tersebut dipicu penangkapan tentara Inggris berkulit hitam yang dianggap memberontak oleh polisi militer Amerika Serikat (AS). Pertempuran Bamber Bridge baru mereda sehari kemudian setelah polisi militer AS datang dalam jumlah yang lebih banyak dengan membawa senapan mesin.

1987
Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona. Messi juga dikenal sebagai pemain yang telah meraih trofi Ballon D’Or terbanyak saat ini, yakni lima trofi.

2005
Baku tembak antara polisi dan kelompok pemberontak Maois terjadi di Bihar, India. Baku tembak itu terjadi setelah sekitar seratus pemberontak menyerang sebuah kantor polisi dan dua bank. Dari kejadian itu, dua warga sipil, dua polisi, dan 16 anggota kelompok pemberontak tersebut tewas.

Advertisement

2013
Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dinyatakan bersalah karena telah menyalahgunakan kekuasaannya untuk berhubungan seks dengan seorang pelacur di bawah umur. Ia lantas dijatuhi hukuman tujuh tahun kurungan penjara. (GinanjarSaputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 22 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 21 Juni

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif