Soloraya
Jumat, 23 Juni 2017 - 21:35 WIB

Meningkat, 55.393 Pemudik Sudah Tiba di Wonogiri Hingga H-2 Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemudik tiba di Terminal Giri Adipura Wonogiri, belum lama ini. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Jumlah pemudik yang tiba di Wonogiri di H-2 Lebaran sudah mencapai 55.393 orang.

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 55.393 pemudik asal Wonogiri tiba di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri hingga H-2 atau Jumat (23/6/2017) pagi. Angka tersebut menunjukkan ada peningkatan dibanding jumlah pemudik tahun lalu.

Advertisement

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan 2.286 bus yang mengangkut pemudik telah tiba di terminal itu sejak H-10 atau Kamis (15/6/2017) hingga H-2 atau Jumat pukul 08.00 WIB. Bus tersebut mengantarkan 55.393 pemudik dengan jumlah terbanyak pada H-6 atau Senin (19/6/2017) dengan jumlah pemudik mencapai 11.490 orang.

“Sedangkan pada 2016, hingga H-2 pagi jumlah pemudik yang tiba sebanyak 38.950 orang. Jumlah terbanyak tahun ini juga lebih besar dibanding jumlah terbanyak tahun lalu yang terjadi pada H-4, yakni 8.180 pemudik. Jadi, memang mengalami peningkatan yang cukup besar,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat.

Peningkatan jumlah pemudik tahun ini, menurut dia, dikarenakan banyaknya program mudik gratis yang diselenggarakan berbagai pihak baik instansi pemerintahan maupun swasta. Tercatat, sedikitnya 15.789 orang mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Provinsi (Perprov) Jateng, Pemkab Wonogiri, Jasa Raharja, dan lainnya.

Advertisement

“Tahun lalu ada program mudik gratis, tetapi tidak sebanyak tahun ini. Selain itu, terminal ini sebagai terminal tujuan sehingga data produksi armada dan penumpangnya kelihatan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, sepeda motor pemudik yang ikut dipulangkan melalui program mudik gratis Kemenhub menyisakan enam kendaraan saja pada Jumat pukul 10.00 WIB. Sebanyak 223 sepeda motor lainnya sudah diambil pemiliknya. Pengambilan sepeda motor tersebut bisa dilakukan mulai Jumat pukul 00.00 WIB.

Salah satu pemudik, Slamet, 45, warga Desa Girikikis, Giriwoyo, Wonogiri, mengaku sangat terbantu dengan adanya mudik gratis yang diselenggarakan Jasa Raharja. Dia mengaku pada awal Ramadan sempat mencari informasi bisa ikut mudik gratis yang diselenggarakan Pemkab Wonogiri. Namun, ternyata sudah penuh.

Advertisement

“Sempat mau mudik reguler, beruntung masih bisa ikut mudik gratis,” ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif