News
Jumat, 23 Juni 2017 - 06:35 WIB

Hasil Seleksi PPDB Online SMP Solo Diumumkan Hari Ini, Cek Jadwalnya

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat peringkat saar PPDB (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Hasil seleksi PPDB online SMP di Kota Solo diumumkan hari ini.
Solopos.com, SOLO — Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk jenjang SMP di Kota Solo akan diumumkan, Jumat (23/6/2017) ini.
Menurut Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Budi Setiono, yang juga Panitia PPDB Solo 2017, informasi hasil seleksi PPDB online tersebut dapat diakses masyarakat melalui website www.ppdb-solo.net mulai pukul 10.00 WIB.
“Rencana [pengumuman] kami unggah mulai pukul 10.00 WIB,” ujar Budi ketika dimintai konfirmasi, Kamis (22/6/2017).
Selain melalui website, pengumuman juga akan ditempel di sekolah-sekolah. “Di samping melalui web, printout dari UNS [Universitas Sebelas Maret] akan diserahkan ke sekolah untuk ditempel,” tambah Kepala Disdik Kota Solo, Etty Retnowati, saat dimintai konfirmasi secara terpisah.
Sementara itu, aksi cabut berkas pada hari ketiga pendaftaran PPDB online SMP cenderung minim. Kepala SMP Negeri (SMPN) 4 Solo, Sri Wuryanti, mengatakan bahkan tidak sampai terjadi aksi cabut berkas pendaftaran.
“Karena dari data online sudah bisa terpantau ya sehingga pendaftar juga sudah bisa memperkirakan dirinya bisa masuk ke SMP mana sesuai dengan nilainya,” ungkap Wuryanti.
Wuryanti mengatakan SMPN 4 Solo akan menempel pengumuman hasil seleksi PPDB di sekolah tersebut di beberapa titik. “Ya kalau ada orang tua atau siswa yang ingin memastikan dengan melihat pengumuman langsung di sekolah, supaya tidak terjadi penumpukan,” tambahnya.
Sedangkan untuk daftar ulang bagi siswa yang telah dinyatakan diterima dijadwalkan pada Senin (3/7/2017) mendatang. Ditemui terpisah, Sekretaris Disdik Kota Solo, Unggul Sudarmo, menjelaskan sistem pendaftaran online yang diterapkan dalam PPDB online ini telah dirancang secara sistematis untuk menyeleksi calon peserta didik baru sesuai ketentuan.
Sesuai Pedoman Pelaksanaan PPDB Solo 2017, penentuan pendaftar yang diterima antara lain sebagai berikut, pada sekolah yang menjadi pilihan pertama, nilai dari seluruh pendaftar disusun peringkatnya, dan pendaftar yang diterima adalah pendaftar yang masuk dalam peringkat sesuai kapasitas sekolah yang bersangkutan.
Pendaftar yang tidak masuk dalam peringkat pendaftar yang diterima pada sekolah pilihan pertama otomatis dialihkan ke sekolah pilihan ke dua dan akan digabung dengan pendaftar yang memilih sekolah tersebut sebagai pilihan pertama. Proses ini berjalan atau bergulir secara otomatis melalui sistem pengolah data atau software PPDB online, dapat dipantau melalui media teknologi dan informasi online.
Jika pada pendaftaran terakhir yang diterima pada suatu sekolah terdapat dua atau lebih pendaftar dengan jumlah nilai yang sama pada posisi peringkat batas bawah, untuk menentukan peringkat pendaftar yang diterima dilakukan dengan ketentuan, pertama, pendaftar yang menjadikan sekolah yang bersangkutan sebagai pilihan pertama dinilai peringkatnya lebih tinggi atau di atas pendaftar yang menjadikan sekolah yang bersangkutan sebagai pilihan kedua.
Jika status pilihan sekolah yang dipilih pendaftar sama (pilihan pertama atau pilihan kedua) maka penentuan peringkat yang diterima berdasarkan atas nilai Ujian Sekolah (US) pada mata pelajaran yang paling tinggi nilainya, sesuai dengan urutan mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif