Jogja
Jumat, 23 Juni 2017 - 06:21 WIB

BPJS KESEHATAN : Antisipasi Sakit Saat Mudik? Jangan Lupa Bawa Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Regional VI BPJS Kesehatan dr. Aris Jatmiko (kiri) meninjau Posko Mudik BPJS Kesehatan di Stasiun Tugu Jogja, kemarin. ( Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

BPJS Kesehatan siap melayani pemudik

Harianjogja.com, JOGJA — BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan 2017 selama empat hari mulai Rabu-Sabtu (21-24/6/2017). Posko yang didirikan di Stasiun Tugu ini sebagai wujud pengabdian dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang sedang mudik.

Advertisement

Baca Juga : BPJS Kesehatan Layani Pemudik di Stasiun Tugu

Sri Mugirahayu selaku Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jogja mengatakan, pelayanan kesehatan di posko dilakukan dengan prosedur yang lebih sederhana. Peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau membawa Kartu JKN-KIS, yang meliputi Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas. Dengan kartu tersebut, peserta JKN-KIS dapat Iangsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan jika membutuhkan pelayanan medis lebih lanjut. Pihaknya mengatakan, kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas.

Advertisement

Kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Layanan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang berstatus aktif.

“Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” katanya, Rabu (21/6/2017).

Pengecekan iuran peserta dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek luran.

Advertisement

BPJS Kesehatan juga menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi ini membantu memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan. Selama libur Lebaran, masyarakat masih bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta.

Manajer Kesehatan PT KAI Daop 6 Jogja dr. Weliansyah mengucapkan terimakasih ayas layanan terintegrasi dari BPJS Kesehatan karena pasien dari kalangan penumpang bisa memperoleh informasi BPJS Kesehatan selain layanan kesehatan. “Kalau siap dengan ambulance berarti BPJS sudah siap dengan layanan faskes tingkat dua dan selanjutnya,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif