News
Kamis, 22 Juni 2017 - 11:03 WIB

Rakorcab PDIP Magelang Inginkan Perubahan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rakorcab yang digelar di Markas DPC PDIP Kabupaten Magelang, Rabu (21/6/2017). (Foto istimewa)

Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang menghasilkan putusan untuk menuju perubahan

 
Harianjogja.com, MAGELANG — Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang menghasilkan putusan untuk menuju perubahan.

Advertisement

Rakorcab yang digelar di Markas DPC PDIP Kabupaten Magelang, Rabu (21/6/2017) itu dihadiri Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Wuryanto.

Pada kesempatan itu, masing-masing perwakilan Ketua PAC di tiap dapil maju memberikan surat pernyataan dan rekomendasi hasil rapat di tingkat pengurus ranting. Hasilnya, seluruh perwakilan menghendaki adanya perubahan di Kabupaten Magelang.

Advertisement

Pada kesempatan itu, masing-masing perwakilan Ketua PAC di tiap dapil maju memberikan surat pernyataan dan rekomendasi hasil rapat di tingkat pengurus ranting. Hasilnya, seluruh perwakilan menghendaki adanya perubahan di Kabupaten Magelang.

Ketua PAC se Dapil IV Suwandi mengungkapkan saat ini kepala daerah yang menjabat merupakan kader PDI Perjuangan. “Namun kader dan pengurus partai merasa tidak pernah dilibatkan dalam pengambilan keputusan pemeritah daerah,” katanya.

Perwakilan Ketua PAC Dapil V, Widiyanto menyatakan kondisi ini menunjukkan tidak adanya harmonisasi antara kepala daerah yang merupakan kader PDI Perjuangan dengan partai.

Advertisement

Hal senada diungkapkan Safii perwakilan Ketua PAC Dapil II. Hasil rapat internal ranting dan PAC memutuskan untuk mengusung kader terbaik maju dalam Pilkada Kabupaten Magelang.

“Kami menghendaki Ketua DPC Kabupaten Magelang, Saryan Adi Yanto yang maju sebagai Calon Bupati Magelang nantinya,” tegasnya.

Menurut Edi Gunawan perwakilan Dapil III, hal serupa juga terjadidi Dapilnya. Ia menyatakan seluruh kader di dapilnya menyatakan siap tegak lurus terhadap perintah partai. “Namun perlu adanya perubahan mendasar kepemimpinan di Kabupaten Magelang,” ungkapnya.

Advertisement

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Wurayanto mengatakan usulan bisa diterima untuk disampaikan kepada DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Namun, ia berpesan pada para kader untuk tetap mengikuti mekanisme partai. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang diminta segera mengumumkan pendaftaran setelah Lebaran. “Silakan mendaftar. Siapa saja boleh, termasuk Incumbent,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jika akder memiliki keinginan, maka harus diimbangi dengan kesiapan partainya dalam memenangkan calon yang akan diusung. “Karena kalau kita sudah menyatakan perang ya harus menang,” tegasnya.

Advertisement

Saat ini, DPD Jawa Tengah rajin turun ke daerah daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada 2018. Pihaknya akan menjaring syarat onjektif partai sebelum mengusung calon. Menurutnya, perlu dipertegas bagaimana soliditas organisasi, sistem komando serta dukungan dari luar partai.

Adapun Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto menyatakan seluruh kader untuk tegak lurus mengikuti keputusan partai. “Proses dan mekanisme pencalonan partai tetap harus dilalui termasuk dalam pencalonan Pilkada nanti,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif