Sport
Selasa, 20 Juni 2017 - 07:30 WIB

PORPROV JATENG : WKO Sragen Diusulkan Jadi Venue Selam

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampung Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, menggelar lomba perahu mesin di Waduk Kedung Ombo, Minggu (14/8/2016). (Istimewa)

Porprov Jateng bakal memainkan cabor selam.

Solopos.com, SOLO – Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Solo mengusulkan kompleks Waduk Kedung Ombo (WKO) sebelah utara sebagai venue cabang olahraga selam pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018 mendatang.

Advertisement

Sekretaris POSSI Solo Sentot Subroto mengatakan untuk kelas kolam diusulkan dipertandingkan di Kolam Renang Tirtomoyo Solo. Sementara untuk kelas orientasi bawah air (OBA) diusulkan menggunakan venue WKO sebelah utara yang masuk wilayah Grobogan.

“WKO akan kami gunakan untuk kelas terbuka sepanjang 2.000-3.000 meter. Untuk kelas terbuka akan diselenggarakan selama sehari untuk menjaga kualitas air. Sementara untuk kelas kolam bisa diselenggarakan selama dua hari,” jelas Sentot kepada Solopos.com, Senin (19/6/2017).

Sentot memastikan kompleks WKO bagian utara aman dari gangguan keramba ikan. Menurutnya, keramba ikan banyak berdiri di WKO bagian timur dan selatan. Venue lomba selam akan dipilih dengan kedalaman lebih dari enam meter.

Advertisement

“Kelas OBA itu sendiri butuh enam meter. Jadi, kedalaman air harus lebih dari enam meter. Tidak ada keramba ikan di sana, jadi lokasinya aman dari residu pakan ikan,” ujar Sentot.

Venue yang dipilih nantinya berada di bagian tengah waduk, bukan dipinggiran. Semua atlet selam bakal dibawa ke tengah waduk menggunakan perahu karet. “Kalau di pinggir, airnya mudah keruh lantaran terlalu dangkal. Ini pernah kami alami pada Porprov 2013 di Banyumas. Saat itu ada kapal tongkang lewat sehingga membuat air menjadi keruh meski itu di lautan,” terang Sentot.

Ditemui terpisah, Ketua Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI) Solo Gatot Sugihartono mengaku sudah berkoordinasi dengan KONI Grobogan untuk menyiapkan WKO sisi utara sebagai venue cabang selam. “Usulan venue itu masih bisa berubah sesuai hasil verifikasi tim dari KONI Jateng. Tapi, kami menjadikan WKO sebagai prioritas utama lokasi venue,” papar Gatot.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif