Jogja
Senin, 19 Juni 2017 - 15:20 WIB

LEBARAN 2017 : Jumlah Pemudik Diprediksi Naik, Ratusan Armada Disiapkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah bus terparkir menanti penumpang di Terminal Dhaksinarga beberapa waktu lalu. (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini akan bertambah
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini akan bertambah. Oleh sebab itu ratusan armada telah disiagakan dan telah diperiksa kelayakannya.

Kepala Bidang Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dishub Gunungkidul mengatakan kesiapan angkutan lebaran telah mencapai 100%. Baik dari segi ketersediaan maupun kelayakan armada yang akan digunakan dalam arus mudik tahun ini sudah siap.

Advertisement

Dia menuturkan kurang lebih terdapat 560 armada yang telah dipersiapkan. Armada terdiri dari  angkutan antar kota antar propinsi (AKAP) sebanyak 70 armada, Antar kota dalam provinis (AKDP) sebanyak 50 armada.

Selain armada bus, pada mudik tahun ini juga didukung oleh Angkutan Pedesaan (Angkudes) sebanyak 400 armada, dan juga Angkutan Perkotaan (Angkot) sebanyak 40 armada.

“Seluruh armada sudah dipersiapkan untuk menunjang arus mudik lebaran mendatang, jika dilihat dari jumlah pemudik pada tahun lalu maka armada yang tersedia akan mencukupi,” katanya, Minggu (18/6/2017).

Advertisement

Lanjut Kuncoro, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan angkutan lebaran atau Ram check sebanyak dua kali. Dari  hasil pemeriksaan terdapat beberapa armada yang dinilai tidak laik jalan.

Terdapat keretakan pada kaca bus, sampai kondisi rem, ban, mesin yang kurang layak. Angkutan lebaran tersebut pun direkomendasikan untuk tidak diberangkatkan.

“Dari pemeriksaan kemarin di Terminal Dhaksinarga, ada satu unit bus yang retak kacanya. Kami pun tidak merekomendasikan untuk diberangkatkan,” ujarnya.

Advertisement

Selain pemeriksaan kendaraan, pengemudi pun diperiksa kondisi kesehatannya, mulai dari cek tekanan darah, sampai tes urin untuk mengantisipasi supaya pengemudi dalam kondisi sehat.

Kuncoro mengatakan untuk arus mudik lebaran pada tahun 2017 ini jumlah pemudik untuk angkutan bus diprediksi mengalami penurunan, namun untuk jumlah pemudik sendiri diperkirakan akan mengalami kenaikkan hingga 10%.

Dari data 2016 lalu, jumlah pemudik yang datang melalui terminal terdapat  13.795 pemudik, yang diangkut 1600 bus AKAP dan AKDP. “Jumlah pemudik kemungkinan akan naik tahun ini, namun untuk pemudik dengan angkutan umum trennya justru menurun,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif