News
Senin, 19 Juni 2017 - 19:13 WIB

Kemenhub Selidiki Garuda Indonesia yang Mendadak Terbang Lagi Jelang Mendarat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Garuda Indonesia (JIBI/HarianJogja/Gigih M. Hanafi)

Kemenhub menyelidiki pesawat Garuda Indonesia yang go around (terbang kembali padahal menjelang mendarat) di Bandara Soetta.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menurunkan tim dari jajaran Direktorat Navigasi Perhubungan Udara untuk menyelidiki kejadian go around Garuda Indonesia pada Minggu (18/6/2017) lalu pukul 22.16 WIB di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

Advertisement

Tindakan go around atau terbang kembali saat pesawat sudah bersiap mendarat di landas pacu adalah salah satu prosedur keselamatan penerbangan. Prosedur itu diatur dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 91 tentang General Operating and Flight Rules.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim untuk menyelidiki penyebab kejadian go around Garuda Indonesia agar tidak terulang kembali.

“Semua kejadian yang terkait keselamatan penerbangan harus terdokumentasi dengan baik. Dengan demikian dapat dipelajari untuk membuat antisipasi sehingga kejadian yang sama tidak terulang,” katanya, Senin (19/6/2017).

Advertisement

Agus juga menginstruksikan kepada seluruh para pemangku kepentingan di industri penerbangan untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan.

Dia juga meminta agar para penumpang memaklumi apabila tindakan go around tersebut memberikan ketidaknyamanan. Menurutnya, keselamatan penerbangan lebih penting karena menyangkut nyawa manusia.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Garuda Indonesia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif