Jogja
Sabtu, 17 Juni 2017 - 09:40 WIB

Ketoprak Ngabuburit Raden Sahid Ramaikan Cokrodiningratan

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sajian musik dari komunitas Slankers dan Reggae Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata Kota Jogja menggandeng warga Cokrodiningratan dan insan pers Kota Jogja mengadakan pentas ketoprak jelang buka puasa (ngabuburit), Sabtu (17/6). Acara yang digelar di halaman Kantor Harian Jogja Jl AM Sangaji No 41 Cokrodiningratan, Jetis, Jogja itu juga akan dimeriahkan sajian musik dari komunitas Slankers dan Reggae Jogja.

Advertisement

Panitia juga menyediakan makanan takjil berbuka puasa kepada penonton dari hasil menggandeng sejumlah pihak. Tercatat Hero Supermarket, Rumah Sekawan Resto, Hotel Eastparc, Jogja Bay dan Mayora akan memberikan paket buka puasa. Selain itu Komunitas Slankers dan Reggae Jogja juga ikut berpartisipasi dengan mengumpulkan nasi bungkus untuk acara nanti.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Jogja Yunianto Dwisutono menjelaskan pementasan ketoprak ini merupakan bagian dari Pentas Kawasan yang merupakan program dari Dinas Pariwisata dalam mengembangkan seni dan budaya di Kota Jogja. “Melalui acara ini, kami berharap potensi wilayah bisa tergali secara lebih maksimal,” kata Yunianto, Jumat (16/6/2017).

Bernuansa syiar Islam, pentas ketoprak kali ini mengambil judul Raden Sahid-Sunan Kalijaga. Mengisahkan perjalanan Raden Sahid, pangeran dari Kadipaten Tuban yang terpaksa menjadi perampok di wilayah yang dipimpin oleh ayahandanya sendiri demi membantu rakyat kecil. Dalam perjalanannya, Raden Sahid bertemu Sunan Bonang yang menyadarkannya bahwa jalan yang dia tempuh dalam membantu rakyat adalah jalan yang keliru. Singkat cerita, Sunan Bonang kemudian membaiat Raden Sahid sebagai Sunan Kalijaga.

Advertisement

Naskah Raden Sahid ini ditulis oleh Nano Asmorodono dengan gaya kethoprak garapan. Sebagaimana naskah karya Nano yang lain, Raden Sahid dikemas secara enteng dengan melibatkan pemain dari berbagai kalangan. Termasuk insan pers, di antaranya dari Adi TV, Kedaulatan Rakyat, Radio Sonora FM, Tribun Jogja dan juga dari Harian Jogja.

Selain menggandeng pemain lawas seperti Novi Kalur, Mbak Barmi, dan Pak Ketel, ketoprak ini juga akan diperankan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata, Sekretaris Dinas Kominfo dan Persandian, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja serta beberapa warga Cokrodiningratan. Adapun Fajar Agung dan kelompok musiknya, Extravagongso didapuk menjadi penata musik pertunjukan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Harian Jogja Ketoprak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif