News
Jumat, 16 Juni 2017 - 21:33 WIB

Susi Pudjiastuti Ungkap Fakta Menarik di Balik Pujian Leonardo Dicaprio

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan orasi ilmiah Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing, Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia pada penganugerahan gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jateng, Sabtu (3/12/2016). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Menteri Susi Pudjiastuti berbicara soal pendapatnya seputar pujian Leonardo Dicaprio terhadap dirinya.

Solopos.com, SOLO — Langkah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberantas illegal fishing di Indonesia mendapat apresiasi dunia, termasuk dari aktivis dan aktor Leonardo Dicaprio dalam forum PBB. Ditanya tentang pujian itu, Susi mengaku tersanjung.

Advertisement

Dalam tayangan wawancara dengan Pemimpin Redaksi Metro TV, Don Bosco Selamun, yang ditayangkan pada Jumat (16/6/2017) malam, Susi mengaku awalnya tidak tahu pemutaran video itu. Saat video pidato Leonardo ditayangkan dalam forum World Oceans Day 2017 di Kantor PBB, New York, Kamis lalu (8/6/2017), Susi sedang berada di luar ruangan.

“Sebetulnya waktu videonya diputar di UN, saya lagi keluar. Lalu saat saya masuk lagi, [ada yang bilang] ‘tadi Ibu dipuji sama Leonardo’. Saya bilang ya bagus. Lalu ada wartawan, kasih saya video pas Leonardo bicara. Jadi saya tahu apa yang saya lakukan menjadi perhatian dunia, sampai aktivis lingkungan, seorang aktor,” kata dia.

Pujian itu, kata Susi, tak lepas dari orang-orang yang memberinya kesempatan dan membantunya bekerja, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Saya pribadi penghargaan ini penghargaan juga untuk Pak Presiden. Tanpa Presiden angkat saya, tidak mungkin saya berkontribusi untuk bangsa negara,” kata dia.

Advertisement

Menurut Susi, sederet penghargaan untuk dirinya seperti dari WWF, Seafood Champions, lain-lain tak lepas dari perkembangan positif laut Indonesia yang kontras dari belahan dunia lainnya. “Biomass Indonesia naik hampir 3 kali lipat, klorofil terlihat dari image satelit juga luar biasa sehat. Sementara di belahan dunia lain, penurunannya 3 kali lebih cepat dari yang diperkirakan, sedangkan di Indonesia naik 3 kali lipat.”

Bagi Susi, prestasi ini sangat membanggakan untuk seseorang yang hanya berijazah formal SMP. “Ini top of the top, don’t hope more than that [yang terbaik dari yang terbaik bagi saya, jangan berharap lebih],” kata dia.

Yang terpenting, kata Susi, pencapaian ini bisa meyakinkan apa yang dilakukan kementeriannya bersama, Polri, TNI AL, dan satgas pemberantasan illegal fishing, bisa menghentikan aktivitas nakal kapal-kapal besar. Hal ini sekaligus meningkat cadangan ikan laut Indonesia.

Advertisement

“Saya pikir papa yang saya lakukan berguna bagi bangsa. Negara ini punya tambang, tapi suatu saat habis. Nah laut ini sumber daya yang reneuable, yang lain tidak bisa sustain. Ada ilmuwan yang bilang saya memubazirkan sumber daya alam karena membiarkan ikan tidak diambil. Saya katakan, ikan, udang, adalah makhluk hidup, fitrah makhluk hidup adalah untuk mereplikasi hidup,” ujar Susi.

“Ini adalah jenis kepemimpinan yang berani dan kita butuhkan di seluruh dunia,” kata DiCaprio dalam pidatonya dikutip Solopos.com dari Okezone.

“Menteri Perikanan Susi menggenjot produksinya melalui upaya pemantauan dan memimpin jalan menuju era baru transparansi dalam pengelolaan perikanan dengan membuat kapal Indonesia masuk dalam Vessel Marine System [VMS] yang terintegrasi ke platform Global Fishing Watch [GFW],” katanya Leonardo dalam videonya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif