News
Jumat, 16 Juni 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Republik Hawaii. (Bbc.co.uk)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Juni, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-167—hari ke-168 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

632
Yazdegerd III naik takhta menjadi raja di Persia sekaligus menjadi penguasa terakhir dari Dinasti Sassaniyah. Yazdegerd III dinobatkan sebagai raja Persia di usianya yang masih sangat belia, yakni delapan tahun.

1884
Untuk kali pertama, wahana bermain berupa roller coaster dibuka di Amerika Serikat (AS). Roller coaster itu dirancang oleh La Marcus Adna Thompson dan diberi nama Switchback Railway. Switchback Railway dipasang di taman bermain Coney Island, New York.

Advertisement

1884
Untuk kali pertama, wahana bermain berupa roller coaster dibuka di Amerika Serikat (AS). Roller coaster itu dirancang oleh La Marcus Adna Thompson dan diberi nama Switchback Railway. Switchback Railway dipasang di taman bermain Coney Island, New York.

1897
Perjanjian yang menyatakan Republik Hawaii menjadi milik Amerika Serikat (AS) ditandatangani. Dari perjanjian itu, Republik Hawaii secara resmi menjadi milik AS dan tak lagi menjadi negara merdeka. Meski demikian, pemerintahan Republik Hawai baru dibubarkan setahun kemudian.

1902
Perang Belasting meletus di Kamang, Sumatra Barat yang melibatkan rakyat Kamang dan tentara Belanda. Perang tersebut dipicu penolakan warga Kamang yang menolak membayar pajak kepada pemerintah Hindia-Belanda.

Advertisement

1911
International Business Machines (IBM) Corporation didirikan di Endicott, New York, Amerika Serikat (AS) dengan nama Computing-Tabulating-Recording Company. Kini, IBM menjadi salah satu produsen perangkat keras dan perangkat lunak komputer terbesar di dunia.

1940
Sistem pemerintahan yang menganut komunisme diterapkan di Lituania. Hal itu tak lepas dari pengaruh Uni Soviet yang berhasil menguasai Lituania.

George Stinney. (Wikimedia.org)

Advertisement

1944
Seorang bocah berkulit hitam George Stinney dieksekusi mati di Alcolu, South Carolina, Amerika Serikat (AS) pada usia 14 tahun. Ia menjadi orang termuda yang dieksekusi mati di AS di abad ke-20. Stinney dituduh telah bersalah dalam pembunuhan dua pemuda berkulit putih. Pada 17 Desember 2014, secara anumerta ia dinyatakan tidak bersalah setelah 70 tahun kematiannya.

1958
Pemimpin kelompok pemberontakan terhadap pemerintahan Uni Soviet di Hungaria, Imre Nagy, dihukum gantung setelah tertangkap pihak Uni Soviet. Uni Soviet juga kembali menguasai Hungaria dengan mengirim 200.000 tentara dan 2.500 tank.

1999
Ketegangan antara pasukan Pakistan dan pasukan India di wilayah Kashmir kembali meletus. Bahkan tembakan artileri lebih intensif dibandingkan sebelumnya. Hal ini mengakibatkan rakyat sipil di Kashmir yang mengungsi makin banyak.

Advertisement

Pangeran Victor Emmanuel. (Tlegraph.co.uk)

2006
Putra Raja Umberto II—raja terakhir Italia—Pangeran Victor Emmanuel ditangkap atas tuduhan korupsi dan prostitusi. Sebelumnya, Pangeran Victor bersama keluarga kerajaan lainnya diasingkan dari Italia selama enam puluh tahun dan baru kembali pada 2003. Pada penangkapan tersebut, pangeran Victor membantah semua tuduhan yang dilayangkan polisi. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Juni

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif