Jateng
Kamis, 15 Juni 2017 - 12:50 WIB

LEBARAN 2017 : Begini Kesiapan Bandara Ahmad Yani Hadapi Lonjakan Penumpang

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - GM PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Kolonel Cpn Maryanto, memberikan pemaparan terkait persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2017 di Hotel Fave Semarang, Rabu (14/6/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Lebaran 2017 dari PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani melakukan persiapan untuk menghadapi lonjakan penumpang.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang memprediksi bakal adanya lonjakan penumpang sekitar 15% saat musim mudik Lebaran 2017 ini dibanding hari biasanya. Guna menghadapi lonjakan penumpang itu, pihak otoritas Bandara Ahmad Yani pun telah menggelar sederet persiapan.

Advertisement

GM Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Kolonel Cpn. Maryanto, menyebutkan jika pada hari-hari biasanya kunjungan penumpang maupun pengunjung di Bandara Ahmad Yani berkisar 11.000 orang, maka saat musim mudik Lebaran 2017 nanti bisa mencapai 12.650.

Lonjakan penumpang yang cukup tinggi itu pun membuat pihaknya harus melakukan sederet persiapan demi memberikan kenyamanan bagi pengunjung maupun penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani. Persiapan itu tak hanya dilakukan pada sektor pengamanan, tapi juga pelayanan.

“Untuk pengamanan kami akan menyiapkan posko-posko mudik di sekitar kawasan Bandara Ahmad Yani. Posko nantinya juga akan dibantu pengamanannya oleh personel dari TNI dan Polrestabes Semarang,” terang Maryanto saat menggelar jumpa pers di Fave Hotel Semarang, Rabu (14/6/2017) petang.

Advertisement

Maryanto menambahkan posko mudik itu mulai beroperasi 15 Juni – 11 Juli 2017. Posko ini akan menampung pengaduan dari para penumpang maupun pengunjung di Bandara Ahmad Yani hingga pukul 00.00 WIB.

“Kalau posko di bandara-bandara lain mungkin 24 jam, tapi kita hanya sampai jam 12 malam. Ini sesuai dengan Permenhub, di mana bandara yang saat ini masih ada proses perbaikan runway hanya dikenakan standby hingga jam 12 malam,” beber mantan Wakil Komandan Pusat (Wadanpus) Penerbad itu.

Demi meningkatkan pelayanan bagi pengunjung di Bandara Ahmad Yani, lanjut Maryanto, pihaknya juga akan memperluas lahan parkir. Jika selama ini lahan parkir di Bandara Ahmad Yani hanya mampu menampung sekitar 350 kendaraan roda empat, saat mulai musim mudik Lebaran 2017 nanti diupayakan mampu menampung sekitar 500 kendaraan roda empat.

Advertisement

“Biasanya parkir kita itu penuh jika ada jadwal kedatangan penerbangan yang berdekatan atau delay. Saat Lebaran nanti kondisi seperti itu bakal sering terjadi sehingga kendaraan penjemput atau pengunjung yang parkir bisa melebihi kapasitas. Makanya, lahan parkirnya perlu kami perluas,” terang Maryanto.

Untuk memperluas lahan parkir itu, Maryanto mengaku telah melakukan sederet upaya. Salah satunya akan mendayagunakan lahan-lahan kosong milik Pangkalan Udara Lanumad Ahmad Yani yang selama ini tidak terpakai.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif