Teknologi
Rabu, 14 Juni 2017 - 13:30 WIB

Ssstt..., Apple Sedang Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Konsep Mobil Otonom Apple. (Istimewa)

Apple ternyata masih fokus mengembangkan mobil tanpa sopir.

Solopos.com, CUPERTINO – Lama tak terdengar kabarnya, proyek teknologi mobil tanpa sopir atau berteknologi otonom ternyata masih berada dalam tahap pengembangan. Tak banyak diungkap, CEO Apple Tim Cook akhirnya buka sura.

Advertisement

Dalam wawancara dengan televisi Bloomberg seperti dikutip Mashable, Selasa (13/6/2017), Cook menegaskan bahwa pihaknya sedang fokus menyelesaikan teknologi mobil pintar itu.

“Kami fokus pada sistem otonom. Ini merupakan inti dari teknologi yang kami pandang sangat penting. Induk dari semua proyek kecerdesan buatan. Mungkin ini adalah proyek kecerdasan buatan paling sulit yang dikerjakan,” kata Cook.

Untuk mewujudkan mobil tanpa sopir, ada saling kebergantungan antara produsen automotif dengan perusahaan teknologi. Hal ini karena kedua perusahaan masuk ke bidang yang sama-sama baru bagi mereka.

Advertisement

Anak perusahaan Google, Waymo, menjalin kerja sama dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Lyft untuk masuk ke bisnis ini. Google sendiri sudah melakukan pengujian kendaraan otonom sejauh jutaan kilometer sejak beberapa tahun lalu. Di samping menggunakan kendaraan produsen automotif lain, Google juga mengembangkan mobil sendiri yang bisa menampung dua orang. Mobil itu sudah menggunakan teknologi otonom sepenuhnya, sehingga tidak dilengkapi dengan setir, pedal gas, maupun rem.

Lalu, BMW dan General Motors (GM) merogoh kocek ratusan juta dolar untuk mengakuisisi perusahaan starup Silicon Valey untuk mewujudkan mobil canggih ini.

Sementara Apple masih berambisi untuk membuat mobil sendiri. Produsen iPhone ini merekrut 1.000 insiyur untuk merampungkan proyek yang disebut dengan Titan itu. Sempat santer tersebar kabar bahwa Apple mengubah strategi dengan fokus membuat teknologi otonom, tidak membuat mobil.

Advertisement

Dalam wawancara itu pun Cook mengungkapkan keraguannya perusahaan akan membuat mobil sendiri. “Kita akan melihat kemana arahnya. Kami tidak mengatakan dari sudut pandang produk, apa yang akan kami lakukan,” ungkapnya.

Pada April lalu, Department of Motor Vehicle California memberi izin kepada Apple untuk menguji coba tiga mobil SUV berteknologi otonom. Namun laporan lain menyebut bahwa sebenarnya Apple juga sudah menguji beberapa mobil otonom di San Francisco Bay dalam setahun terakhir.

Proyek pengembangan kendaraan otonom Apple nantinya juga diarahkan untuk penyewaan berbasis aplikasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif