News
Rabu, 14 Juni 2017 - 09:35 WIB

KOMODITAS PANGAN : Harga Mahal, Bawang Kating Besar Mulai Langka di Pasar Legi Solo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang bawang di Pasar Legi Solo melayani pembeli, Selasa (13/6/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Komoditas pangan, bawang putih jenis kating besar mulai langka di Pasar Legi Solo. 
Solopos.com, SOLO — Bawang putih jenis kating besar mulai langka di Pasar Legi Solo. Bawang putih kating yang banyak beredar di Pasar Legi saat ini ukurannya lebih kecil. Harganya pun lain.
Salah satu pedagang bawang di Pasar Legi, Sumikem, mengatakan sudah sejak tiga hari terakhir bawang putih kating besar sulit didapatkan. Selain itu bawang jenis tersebut harganya terus naik.
“Harganya saat ini sekitar Rp70.000 per kilogram. Tapi barangnya tidak ada, sudah langka,” kata Sumikem saat ditemui Solopos.com di Pasar Legi, Selasa.
Sebagai penggantinya, dia menjual bawang putih kating dengan ukuran lebih kecil. Menurutnya, bawang putih kating kecil tersebut harganya lebih rendah dibanding jenis yang lebih besar. Satu kilogram bawang putih kating kecil seharga Rp40.000-Rp45.000.
Selain bawang putih jenis kating kecil, barang yang tersedia di pasar adalah bawang putih jenis sinco. Bawang putih jenis tersebut harganya Rp26.000-Rp27.000 per kilogram. Namun menurutnya banyak pembeli yang memilih membeli bawang jenis kating. “Sinco kurang diminati,” kata dia.
Meski bawang kating yang ada ukurannya lebih kecil tetap laku. Hal senada dikatakan pedagang bawang lainnya, Sakiyah. Pada Selasa, Sakiyah sudah tidak menjual bawang putih kating ukuran besar.
“Sekarang lebih kecil jenisnya. Kalau yang besar sudah langka,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di Pasar Legi, Selasa.
Di kios milik Purwanto, di Pasar Legi, bawang putih kating ukuran besar juga sudah tidak ada. Di kios tersebut bawang putih yang tersedia juga jenis kating kecil dan sinco.
Berdasarkan data harga komoditas dari Kantor Pasar Legi, harga bawang putih kating besar Rp70.000-Rp79.000 per kilogram, sementara bawang merah antara Rp20.000-Rp25.000 per kilogram. Harga komoditas lain seperti cabai, untuk jenis rawit merah Rp24.000-Rp27.500 per kilogram.
Cabai keriting harganya Rp11.000-Rp13.000 per kilogram. Sedangkan cabai rawit hijau Rp15.000-Rp17.000 per kilogram.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif