News
Rabu, 14 Juni 2017 - 21:30 WIB

Ikan Tongkol, Kaus Kaki Bolong & Tawa Lepas Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi. (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Tawa lepas Presiden Jokowi mewarnai Istana Negara. Seperti kuis ikan, Jokowi kali ini memberikan kuis tentang kaus kaki bolong.

Solopos.com, JAKARTA — Di dalam aula utama Istana Negara, seseorang mencopot sepatu dan menunjukkan kaos kaki yang dipakainya ke hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi kemudian menunjuk kaos kaki itu dan berkata. “Iya benar. Coba tunjukin ke situ,” sambil menunjuk ke para hadirin.

Advertisement

Kejadian itu benar-benar terjadi pada Rabu (14/6/2017) malam. Tak pelak, setelah kaos kaki itu diperlihatkan, ruangan yang biasa digunakan untuk acara serius dan formal itu bergemuruh oleh tawa hadirin. Jokowi juga terlihat tertawa lepas.

Suasana informal dan riang tersebut terus berlangsung selama acara buka puasa antara Presiden Jokowi dengan para pegawai Kementerian Sekretariat Negara dan wartawan yang sehari-hari meliput di Istana Kepresidenan.

Dalam acara itu, ada pula aktor kawakan Adipura Prabahaswara yang memberikan siraman rohani kepada peserta buka bersama. Aktor yang kerap membintangi sinema televisi sebagai pemeran antagonis ini menyampaikan mengenai pentingnya kasih sayang dalam membangun bangsa.

Advertisement

Tak lama setelah makanan disantap, Presiden akhirnya meluluskan permintaan hadirin yang terus berteriak. “Pak, sepeda, Pak!” seperti ketika blusukan ke sejumlah daerah.

Tak disangka, bukan cuma nama-nama ikan yang menjadi kuis Presiden. Dengan gaya isengnya yang khas, Jokowi juga memberi hadiah bagi siapa saja yang kebetulan memakai kaos kaki dengan lubang tidak wajar untuk maju.

Maka, terjadilah adegan yang mungkin pertama kalinya terjadi dalam sejarah republik ini, yaitu seseorang yang memperlihatkan kaos kaki berlubang kepada Presiden.

Advertisement

Tidak berhenti di situ, Presiden kemudian memberi kuis lain, yaitu peragaan pencak silat. Hadirin diminta menyebutkan secara sempurna lima sila dalam Pancasila serta nama-nama provinsi dan ibu kotanta. Total, ada 5 kuis yang diberikan oleh Presiden.

“Coba sebutkan nama-nama 10 ikan baik air tawar maupun air laut, tapi selain tongkol,” tawa hadirin kembali pecah. Pasalnya, ikan tongkol ala kuis Jokowi sempat menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu. Saat itu, seorang anak yang diberi pertanyaan nama-nama ikan oleh Presiden, keliru menyebut nama ikan tongkol.

Dalam acara tersebut, suasana benar-benar jauh dari formal. Presiden juga nampak santai. Berkali-kali, Jokowi tergelak dan tertawa lepas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif