Jatim
Rabu, 14 Juni 2017 - 08:05 WIB

ANGKUTAN LEBARAN 2017 : 6 Trainset KA Premium Dioperasikan Mulai 15 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas PT Inka mengecek kondisi kereta api seri terbaru K3 2017 Ekonomi Premium pesanan PT KAI, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Menjelang Lebaran 2017, PT KAI tambah kereta untuk penumpang.

Madiunpos.com, MADIUN — PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal mengoperasikan enam rangkaian kereta premium dengan berbagai relasi keberangkatan mulai Kamis (15/6/2017). Untuk pemesanan tiket kereta premium ini bisa dilakukan mulai Rabu (14/6/2017) pukul 00.01 WIB.

Advertisement

Enam trainset kereta tersebut antara lain Mataram Premium dengan relasi Pasarsenen-Lempuyangan, Mataram Premium dengan relasi Lempuyangan-Pasarsenen, Kereta Gayabaru Malam Selatan Premiun dengan relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng, Kereta Gayabaru Malam Selatan Premium dengan relasi Surabaya Gubeng-Pasarsenen, Tawangjaya Premiun dengan relasi Semarang Poncol-Pasarsenen, Tawangjaya Premium dengan relasi Pasarsenen-Semarang Poncol, Kereta Mantab Premium dengan relasi Madiun-Pasarsenen, dan kereta Mantab Premium relasi Pasarsenen-Madiun.

Manajer Humas PT KAI Daop VII/Madiun, Supriyanto, mengatakan dari kereta baru tersebut yang akan melewati wilayah Daop VII Madiun ada dua yaitu kereta Gayabaru Malam Selatan Premium dan Mantab Premium. Sebenarnya, selain dua rangkaian kereta itu masih ada satu rangkaian lagi dengan relasi Madiun-Solo.

Supriyanto menuturkan tiket kereta premium yang baru keluar dari PT Industri Kereta Api (Inka) ini dibanderol mulai Rp220.000/orang hingga Rp450.000/orang. “Untuk kereta relasi Madiun-Solo masih belum tentu dioperasikan karena masih melihat pasar terlebih dahulu. Kalau peminatnya banyak akan dioperasikan,” jelas dia saat dihubungi Madiunpos.com, Selasa (13/6/2017).

Advertisement

Supri menyampaikan setiap rangkaian kereta api tersebut terdiri dari delapan unit kereta premium dengan kapasitas masing-masing kereta 80 tempat duduk dan dua unit kereta premium untuk penumpang dengan keterbatasan fisik. Kapasitas dalam sekali perjalanan adalah 768 seat.

Dalam sehari, total seat di KA tambahan ini mencapai 6.144 seat. Untuk fasilitas yang ada di kereta yaitu tempat duduk yang sudah reclining, fasilitas TV di setiap kereta sebanyak empat unit, interior kereta makan dengan desain mini bar, dan lainnya.

Supriyanto menyampaikan ada 46 perjalanan KA tambahan pada Lebaran 2017 setiap harinya. “Tiket kereta tambahan ini bisa dipesan secara online melalui website KAI, aplikasi, dan situs penjualan tiket lainnya,” kata dia.

Advertisement

Pada masa angkutan Lebaran 2017, PT KAI menyiapkan 13.440 seat KA Argo, 6.300 seat KA Eksekutif, 25.342 seat KA campuran eksekutif bisnis, 4.764 seat KA bisnis, 48.084 seat KA ekonomi jarak jauh, 87.772 seat KA ekonomi lokal, dan 14.452 seat idle rangkaian.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif