Lifestyle
Selasa, 13 Juni 2017 - 12:35 WIB

TIPS KECANTIKAN : Yuk Oleskan Tabir Surya di 7 Area Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi: Oleskan tabir surya di 7 area tubuh. (identity-mag.com)

Mengenakan tabir surya untuk kecantikan dan mencegah kanker kulit dengan mengolesi 7 area tubuh ini.

Solopos.com, SOLO — Tidak sedikit kaum wanita hanya mengoleskan tabir surya saat mereka berenang di pantai. Padahal mengenakan tabir surya bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Memakai tabir surya SPF 30 di siang hari terbukti menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Advertisement

Studi yang dipublikasikan Ohio State University, Amerika Serikat, melakukan tes pada tikus yang diolesi tabir surya SPF 30 lalu dipaparkan pada sinar UVB. Tikus-tikus tersebut diolesi berbagai macam merek tabir surya. Hasilnya risiko terkena melanoma dan tumor menurun drastis.

“Kami telah melihat hasil pada tikus, pengaplikasian tabir surya bukan hanya mencegah kulit terbakar tapi juga menurunkan risiko melanoma,” kata salah satu peneliti yang juga asisten profesor molekul genetika, Christin Burd.

Advertisement

“Kami telah melihat hasil pada tikus, pengaplikasian tabir surya bukan hanya mencegah kulit terbakar tapi juga menurunkan risiko melanoma,” kata salah satu peneliti yang juga asisten profesor molekul genetika, Christin Burd.

Sayangnya, studi yang dilaporkan dalam American Association for Cancer Research Annual Meeting 2016 ini baru dilakukan pada hewan sehingga peneliti menginginkan penelitian lanjutan untuk mengungkap seberapa besar manfaat penggunaan tabir surya SPF 30 untuk cegah kanker kulit.

Menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan juga melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, disarankan memakai tabir surya kapan pun sebelum pergi beraktivitas setiap hari untuk mengurangi efek kerusakan kulit.

Advertisement

1. Bibir

Bibir juga membutuhkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Anda harus selalu menggunakan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Orang yang tidak melindungi bibir dari sinar matahari mudah terdapat garis-garis cokelat di sekitar bibir, sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah dan berwarna lebih gelap.

2. Telinga

Advertisement

Telinga sama pentingnya dengan wajah, karenanya Anda tidak boleh lupa untuk menerapkan tabir surya. Ada banyak contoh di mana kanker kulit terdeteksi karena kerusakan akibat sinar matahari di telinga. Tidak peduli apa jenis tabir surya yang Anda gunakan, yang penting adalah melindungi telinga dari sinar matahari yang berbahaya dibanding kulit. Apakah itu gel atau krim atau semprot, Anda harus selalu menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi di bagian telinga.

3. Bahu

Mengaplikasikan tabir surya pada bagian bahu merupakan hal yang penting, apalagi jika Anda sering mengenakan busana tanpa lengan. Kebanyakan orang sering mengabaikan bagian tubuh ini, padahal sinar matahari dapat begitu kuat menembus jauh ke dalam kulit, memberikan kulit Anda terlihat seperti terbakar dengan mudah. Jadi, selalu memakai tabir surya sebelum Anda melangkah keluar dari rumah.

Advertisement

4. Atas atau Punggung Kaki

Jika Anda lebih sering mengenakan sandal, melindungi bagian atas kaki sangat penting. Anda harus menerapkan tabir surya pada bagian atas atau punggung kaki, sehingga sangat membantu untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Anda harus menerapkan tabir surya sebelum mengenakan sandal, sehingga tetap terlindung dari bahaya sinar matahari.

5. Kelopak Mata

Mata adalah bagian yang paling halus dari wajah sehingga Anda harus benar-benar sangat berhati-hati ketika merawatnya. Melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar matahari sangat penting selama cuaca yang panas. Menurut para ahli, risiko kanker kulit pada kelopak mata mungkin sangat tinggi dibandingkan dengan bagian-bagian lain dari tubuh. Jika Anda takut untuk menerapkan tabir surya pada kelopak mata, Anda dapat mulai menggunakan tabir surya berbentuk stik yang khusus untuk mata. Tabir surya berbentuk stik umumnya lengket dan seperti lilin, sehingga dapat melindungi kelopak mata dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

6. Kulit Kepala

Kulit kepala adalah tempat penting lainnya yang paling sering diabaikan dalam pemakaian tabir surya. Sinar matahari langsung dapat membuat kulit kepala Anda terasa kering dan lengket. Karena sinar matahari yang langsung mengarah ke kulit kepala menyebabkan iritasi dan terasa perih pada kulit kepala. Anda harus menerapkan tabir surya khusus rambut untuk merawat kulit kepala serta rambut. Selain itu, satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah dengan menggunakan topi. Menggunakan topi mencegah sinar matahari menembus jauh di dalam kulit kepala, sehingga mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut.

7. Siku

Mungkin Anda biasanya mengabaikan bagian tubuh yang satu ini. Menerapkan secukupnya tabir surya di siku sangatlah penting, karena daerah ini mudah rusak karena gesekan. Siku berubah gelap dan hal ini dapat mengakibatkan kerusakan. Jadi, penting untuk menggunakan tabir surya, terutama di bagian siku dan lutut sebelum keluar rumah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif