Teknologi
Senin, 12 Juni 2017 - 11:15 WIB

Tak Cuma Cetak Foto, Vending Machine Ini Jual Like & Follower Instagram

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Vending machine menjual follower instagram (Vice)

Vending machine mirip mesin ATM di Kota Moskow jual follower Instagram.

Solopos.com, MOSKOW – Sebuah vending machine atau mesin otomatis yang berfungsi menyediakan keperluan tertentu, menarik perhatian pengunjung sebuah pusat perbelanjaan di Kota Moskow, Rusia. Vending machine tersebut menyediakan layanan jual beli like dan follower instagram.

Advertisement

Dilansir Motherboard Vice, Kamis (8/6/2017),  vending machine tersebut diketahui berada di pusat perbelanjaan Okhotny Ryan, Moskow, Rusia. Pengguna akun Instagram bernama Alexey Kovalev mengunggah foto vending machine tersebut.

Mesin tersebut memiliki beberapa fungsi, mulai untuk mencetak foto dari akun media sosial (medsos) milik pelanggan, hingga membeli like dan follower untuk beberapa medsos, termasuk Instagram.

Mesin ini mematok tarif yang sangat murah untuk jual beli like dan follower. Hanya diperlukan 50 Russian Ruble atau setara dengan Rp11.650-an untuk mendapat 100 like di Instagram, sedangkan butuh 100 Russian Ruble atau setara dengan Rp23.000-an untuk mendapat 100 follower di Instagram. Sedangkan ditetapkan tarif Rp11.650-an untuk mencetak dua foto Instagram.

Advertisement

Alat Iklan Otomatis

Berdasarkan investigasi media yang memberitakan tentang perkembangan teknologi di Rusia, vc.ru, vending machine tersebut produksi perusahaan bernama Snatap. Jurnalis vc.ru sempat mencoba keaslian layanan jual beli like dan follower di mesin tersebut.

Hasil investigasi menunjukkan layanan mesin tersebut terbukti namun memerlukan waktu berjam-jam setelah transaksi dan setelah tim jurnalis vc.ru melakukan komplain di nomor telepon yang ada di mesin tersebut.

Advertisement

Kepada Motherboard Vice, Alexey Kovalev mengaku vending machine tersebut sudah ada di beberapa lokasi di Kota Moskow.  “Saya melihat satu mesin itu di setiap toko buku di beberapa tempat,” tegas Kovalev.

Snatap akhirnya mengirim rilis resmi ke Motherboard Vice. Dalam rilis tersebut diungkap sudah ada setidaknya 20 mesin penjual follower di Kota Moskow. Puluhan lainnya sudah dijual ke mitra kerja Snatap di Jerman, Polandia, dan Republik Ceko. Untuk menyewa mesin tersebut dikenakan biaya 14.000 Russian Rubles atau setara dengan Rp3,2 jutaan.

Dalam rilis yang diterima Motherboard Vice, Snatap juga menjelaskan layanannya akan mengirimkan iklan secara otomatis. Bagi pengguna yang mencetak foto menggunakan mesin Snatap, secara otomatis akun pengguna tersebut akan mengirim tawaran dari klien Snatap ke teman-teman pengguna.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif