Lifestyle
Minggu, 11 Juni 2017 - 06:00 WIB

Pilih Objek Wisata Favoritmu di Anugerah Pesona Indonesia 2017

Redaksi Solopos.com  /  Alvari Kunto Prabowo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisata Lumpur Sidoarjo (D-Lusi) masuk dalam nominasi wisata unik terpopuler API 2017. (Istimewa/Disbudpar Sidoarjo)

Anugerah Pesona Indonesia 2017 mengajak masyarakat memilih destinasi wisata.

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan laman www.ayojalanjalan.com kembali mengajak masyarakat untuk aktif memilih nominator destinasi terbaik Indonesia. Pilihan publik melalui online itu akan diapresiasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017.

Advertisement

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar, Esthy Reko Astuti, dalam laman kemenpar.go.id, Senin (5/6/2017), menyatakan pada API 2017, Kemenpar memperbanyak kategori dari 10 menjadi 15 kategori.

“Ada pula penambahan fasilitas akses untuk memudahkan masyarakat melakukan vote, memberikan kesempatan luas kepada seluruh Pemda [Pemprov/Pemkot/Pemkab] untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam ajang tersebut,” kata Esthy.

API II 2017 itu sangat penting untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata nusantara, juga mendorong Pemda agar semakin rajin dan agresif mempromosikan destinasinya.

Advertisement

“Tahun ini ada reward istimewa untuk destinasi yang berhasil membangun, mempromosikan, memajukan pariwisata di daerahnya. Silakan voter via website ayojalanjalan.com,” papar Esthy.

Seluruh kategori yang disajikan adalah hasil seleksi ketat dari data wisata, kuliner, atraksi wisata maupun festival budaya yang selama ini sangat populer di Indonesia.

Khusus edisi 2017, kategori baru yang ditambahkan adalah Kampung Adat Terpopuler (Most Popular Traditional Village), Minuman Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Drink), Obyek Wisata Belanja Terpopuler (Most Popular Shopping Spot), Objek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot), Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Most Popular Tourism Digital Promotion).

Advertisement

“Setiap satu e-mail hanya berlaku satu voting. Pemungutan suara berlangsung dari Juni 2017 hingga Oktober 2017. Lalu pemberian penghargaan pada Malam Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017, November 2017,” kata dia.

Ketua Penyelenggara API 2017 Nanda Satria Azwar, dari situs www.ayojalanjalan.com, mengatakan masyarakat bisa mengakses website www.anugerahpesonaindonesia.com ataupun dengan mengirimkan pesan SMS premium berbayar ke nomor 99386, dengan mengetik sesuai keyword nominasi pilihannya,” kata.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif