Lifestyle
Kamis, 8 Juni 2017 - 14:00 WIB

WISATA SOLORAYA : Jalan-Jalan Sembari Cicipi Sayur Organik di Lereng Merapi Boyolali

Redaksi Solopos.com  /  Alvari Kunto Prabowo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemandangan Merapi dari Desa Samiran, Selo, Boyolali (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Wisata Soloraya, Desa Gedangan di Kecamatan Cepogo Boyolali menawarkan wisata pertanian organik

Solopos.com, BOYOLALI– Tempat wisata satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda menghabiskan libur Lebaran mendatang. Lokasi tempat pelesir ini berada di kaki Gunung Merapi, Boyolali. Destinasi ini memang menawarkan pesona kemolekan gunung kembar Merapi dan Merbabu.

Advertisement

Tapi, sajiannya terasa istimewa karena menyuguhkan wisata kunjungan ke desa organik. Ya, di Lereng Merapi terdapat kampung organik berlokasi di Dukuh Jayan, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo.

Dukuh Jayan sejak 2013 telah merintis pengembangan sistem pertanian organik. Tanaman yang jadi andalan di antaranya bawang merah, daun bawang, cabai, tomat, serta sayur lainnya. Di tempat ini wisatawan dapat menyimak bagaimana petani bercocok tanam secara nonkonvensional.

Desa Samiran, Kecamatan Selo, menawarkan wisata agro. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Advertisement

Mereka menanggalkan pupuk kimia, pestisida, fungisida, herbisida, dan bahan kimia lain, untuk total memanfaatkan bahan-bahan alam. Kampung organik Jayan adalah salah satu binaan Bank Indonesia (BI) Solo. Bawang merah jenis bima asal Brebes tumbuh gemuk di desa yang berjarak belasan KM dari Puncak Merapi itu.

Ketua Kelompok Tani (Koptan) Tani Utama Dukuh Jayan, Widodo, mengatakan Kampung Organik diresmikan April lalu. Pengunjung dapat menikmati paket wisata petik sayur organik, kemudian membelinya sebagai buah tangan.

“Kami juga membangun gardu pandang dan gazebo sebagai daya tarik pengunjung. Gardu pandang ini dapat menjadi spot selfie, seperti lazimnya wisata lereng gunung. Untuk naik ke gardu pandang, pengunjung cukup membayar senilai Rp2.000,” kata dia, kepada

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif