Jateng
Rabu, 7 Juni 2017 - 15:50 WIB

PILKADA 2018 : Gerindra Belum Pasti Buka Pendaftaran Cagub

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Pilkada 2018, dari Gerindra belum pasti membuka pendaftaran untuk menjaring calon yang akan diusung maju pada Pilgub Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) belum pasti membuka pendaftaran bagi calon yang akan diusung untuk menjadi calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Advertisement

Hal ini disampaikan oleh Ketua Desk Pemenangan Pilkada Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, saat dijumpai Semarangpos.com di Gedung DPRD Jateng, Jl. Pahlawan, Semarang, Selasa (6/6/2017).

“Memang dilematis, sebenarnya kami juga ingin membuka pendaftaran untuk menjaring calon yang akan maju di Pilgub Jateng nanti. Tapi, toh dari segi kursi di DPRD Jateng, kami tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri,” ujar Sriyanto.

Anggota Komisi A DPRD Jateng itu menyebutkan Gerindra saat ini hanya memiliki 11 kursi di DPRD Jateng. Jumlah itu masih kurang sembilan kursi untuk memenuhi persyaratan untuk bisa mengusung calon sendiri pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Advertisement

“Mau enggak mau, untuk bisa mengusung calon dari Gerindra, kita harus berkoalisi dengan partai lain. Saat ini, komunikasi dengan parpol lain terus kami galakan. Tapi, siapakah yang akan kami pilih untuk berkoalisi nanti, masih menunggu rekomendasi dari pusat,” beber mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng itu.

Sriyanto menambahkan hingga saat ini partainya masih kukuh mengusung Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid, sebagai calon yang akan bersaing pada Pilgub Jateng 2018. Namun, apakah Abdul Wachid akan benar-benar maju sebagai cagub pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 tergantung pada rekomendasi dari DPP Gerindra.

“Kalau survei terhadap Pak Abdul Wachid terus kami lakukan. Bagaimana tingkat elektabilitas beliau terus kami pantau. Tapi kan semua keputusan, apakah beliau maju atau tidak ada di pusat. Kami tinggal menunggu rekomendasi dari Pak Prabowo [Subianto] selaku Ketua Dewan Pembina Gerindra,” ujar Sriyanto.

Advertisement

[Baca juga PILKADA 2018 : Tahapan Pilgub Jateng Dimulai Agustus 2017]

Tahapan Pilkada Jateng 2018 akan dimulai Agustus 2017 nanti. Sementara untuk pendaftaran calon yang akan maju pada Pilgub Jaten akan dimulai Januari 2018. Sedangkan, tahap pemungutan suara akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif