Sport
Selasa, 6 Juni 2017 - 00:25 WIB

Tren Kemenangan Belanda Sambut Advocaat

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Timnas Belanda akan dilatih Dick Advocaat

Solopos.com, ROTTERDAM — Belanda kembali menunjukkan taji mereka setelah memecat pelatih Danny Blind pada Maret 2017 lalu. Meski hanya dalam laga persahabatan, tim berjuluk De Oranje tampil trengginas dengan mencukur Pantai Gading lima gol tanpa balas di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Senin (5/6/2017) dini hari WIB.

Advertisement

Bek Belanda, Joel Veltman, tak hanya membantu benteng pertahanan timnya tampil solid. Dia juga mencetak dua gol masing-masing setelah memanfaatkan umpan Memphis Depay pada menit ke-13 dan assist Arjen Robben pada menit ke-36. Robben pun mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan dari titik putih pada menit ke-32. Sedangkan dua gol lain De Oranje disokong Davy Klaassen dan Vincent Janssen di babak kedua.

Hasil ini, meneruskan tren positif Belanda sejak memecat Blind, Maret 2017 lalu. Sebelumnya, Belanda juga menang atas Maroko pada laga persahabatan saat didampingi karteker pelatih Fred Grim. Dua kemenangan beruntun menjadi hasil memuaskan untuk  menyambut pelatih baru De Oranje, Dick Advocaat, yang akan mulai bergabung ke skuat ini, Selasa (6/5/2017).

“Dick Adcocaat akan tiba menangani tim, Selasa. Saya pikir sudah melaksanakan tugas dengan baik untuk persiapan kedatangannya. Kemenangan ini memberi kami kepercayaan diri sebelum melawan Luksemburg yang wajib kami menangi [pada Kualifikasi Piala Dunia 2018], Jumat [9/5/2017],” jelas Grim, seperti dikutip punchng.com.

Advertisement

Advocaat resmi ditunjuk sebagai Pelatih Belanda menggantikan Blind yang dipecat setelah De Oranje kalah 0-2 dari Bulgaria pada laga Grup Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Namun dia baru bisa bergabung dengan Arjen Robben cs. pekan ini setelah menuntaskan tugasnya  bersama Feyenoord. Dalam periode kali ketiga menukangi De Oranje, mantan pelatih Sunderland tersebut akan dibantu peraih Ballon d’Or, Ruud Gullit, sebagai asisten pelatih.

Tugas Advocaat tidak main-main. Pelatih berusia 69 tahun tersebut harus membantu Belanda lolos ke Piala Dunia 2018. Belanda terpuruk di posisi keempat klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Wesley Sneijder dkk. tertinggal enam poin dari Prancis, tiga poin dari Swedia, dan dua poin dari Bulgaria yang  bercokol di tiga besar klasemen Grup A.

Harapan Belanda untuk finis di puncak agar lolos otomatis ke fase grup Piala Dunia tahun depan memang sangat tipis. Tapi mereka masih mempunyai peluang besar merebut peringkat kedua agar bisa lolos lewat jalur playoff. Laga kontra Luksemburg, Jumat waktu setempat, pun bakal menjadi pertandingan krusial Belanda untuk lolos ke Rusia tahun depan.

Advertisement

“Kami berdoa Prancis bisa mengalahkan tim skandinavia [Swedia]. Jika kami bisa mengalahkan Luksemburg, kami masih bisa berharap naik ke posisi kedua yakni zona play-off,” jelas Robben.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif