Sport
Senin, 5 Juni 2017 - 16:25 WIB

MOTOGP 2017 : Ini Alasan Rossi Gagal Podium di GP Italia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (Crash.net)

Motogp 2017 diwarnai dengan Valentino Rossi yang finis di posisi keempat.

Solopos.com, MUGELLO – Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi, gagal naik podium pada seri keenam Motogp 2017 di Italia. Dia menyebut kondisi fisiknya yang tak fit betul berpengaruh dalam kegagalannya meraih podium.

Advertisement

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (4/6/2017) malam WIB, Rossi yang start dari posisi kedua tampil kompetitif di awal. Kegarangannya terus berlanjut hingga pertengahan lomba dan berada di baris terdepan. Namun, dia mulai menurun selepas itu dan disalip lawan-lawannya.

Rossi tak memperlihatkan daya juang lagi di sisa lap untuk menyalip Andrea Dovizoso, Maverick Vinales, dan Danilo Petrucci yang berada di depannya. Hingga akhirnya, Rossi harus finis di posisi keempat. Dovi, Vinales, dan Petrucci menjadi pembalap yang naik podium di GP Italia.

“Tentunya sangat disayangkan gagal naik podium, karena itu selalu jadi target. Di Mugello sini, itu jadi lebih penting di hadapan seluruh kerumunan penonton,” ujarnya dikutip Motorsport.

Advertisement

“Sejujurnya saya sempat percaya bisa melakukannya karena di latihan, saya kencang. Dalam diri saya, saya juga tahu 23 putaran akan sulit karena saya menderita lebih dari kadar normal. Di latihan, ketika melakukan empat atau lima putaran itu lain hal, Anda bisa pulih.”

“Tapi lebih banyak putaran secara beruntun itu lebih sulit. Delapan putaran tersisa, saya sudah habis dan mulai lebih menderita lagi,” tambahnya.

Rossi memang belum fit benar saat membalap di Mugello. Pasalnya, ia baru saja menderita cedera akibat kecelakaan saat mengendarai motocross. Bahkan cedera itu sempat membuatnya terancam batal tampil di Mugello.

Advertisement

“Saya cukup tangguh, saya bisa bersaing. Hari ini para penunggang Ducati sangat bagus karena mereka bisa menggunakan ban belakang medium. Untuk kami dengan Yamaha, kami harus memakai hard, dengan lebih sedikit daya cengkeram,” sambung Rossi.

“Untuk saya pribadi problemnya adalah kondisi fisik. Karena di putaran-putaran akhir, saya tak mampu melakukan upaya lebih karena saya sudah kelelahan,” tutup pembalap 38 tahun ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif