Sport
Sabtu, 3 Juni 2017 - 08:30 WIB

FINAL LIGA CHAMPIONS : Ronaldo & Memori Indah Cardiff

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cristiano Ronaldo merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Sergio Perez)

Final Liga Champions menjadi ajang pembuktian Ronaldo.

Solopos.com, CARDIFF – Real Madrid boleh saja dibayangi kutukan tim tandang jelang laga final Liga Champions melawan Juventus di Stadion Millenium, Cardiff, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB. Sebagai tim yang berstatus tamu di final nanti, Madrid pantas was-was karena 11 dari 13 tim yang berlabel tim tandang berguguran dalam final yang dihelat di Millenium.

Advertisement

Namun Madrid harus bersyukur karena punya seorang pemain yang kerap memenangi pertandingan saat menginjakkan kaki di kota terbesar di Wales itu. Sejak berseragam Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo selalu membawa peruntungan positif saat bermain di Cardiff.

Madrid sebenarnya sudah membuktikan itu di Final Piala Super Cup tiga tahun silam. Waktu itu Ronaldo memborong dua gol yang mengantar kemenangan 2-0 Madrid atas Sevilla di Cardiff City Stadium, stadion yang hanya berjarak beberapa mil dari Millenium.

Tuah Ronaldo di tanah Wales dimulai sejak tahun 2004 saat timnya waktu itu, MU, melangkah ke final Piala FA melawan Millwall. Ini adalah penampilan pertama sang pemain di final turnamen tertua di Inggris. Ronaldo yang saat itu baru berusia 19 tahun langsung menunjukkan magisnya dengan mencetak gol pembuka United lewat sundulan.

Advertisement

Setelah itu, MU kian mendominasi dan menang 3-0 lewat tambahan dua gol Ruud van Nistelrooy. “Ronaldo adalah sihir dalam pertandingan itu,” kenang mantan pelatih MU, Sir Alex Ferguson, dilansir ESPN, Jumat (2/6/2017).

Entah kebetulan atau tidak, United terbukti loyo dalam lawatan selanjutnya ke Cardiff tanpa Ronaldo. Setan Merah harus takluk 1-3 dari Arsenal dalam ajang Community Shield, Agustus 2004.

Saat sang pemain tampil lagi di Cardiff dalam semifinal Piala FA setahun berselang, MU sukses meraih kemenangan 4-1 atas Newcastle United. Pemain asal Portugal itu tampil brilian dengan mencetak satu gol dan satu assist bagi MU. Ronaldo kembali bikin gol saat MU unggul 4-1 atas Wigan dalam final Piala Liga tahun 2006 di Millenium. Total Ronaldo mencetak tiga gol dalam empat penampilannya di Cardiff bersama United.

Advertisement

Dengan performa yang tengah on fire, Ronaldo tentu diharapkan bakal kembali merangkai memori indah di Cardiff. Torehan 40 gol dan 12 assist musim ini jelas menegaskan betapa berbahayanya CR7 di mulut gawang lawan. Ronaldo sendiri punya keyakinan bakal menang atas Juve dan mengangkat trofi Liga Champions ke-12 bagi Madrid.

“Mereka [Juventus] tim istimewa, tapi kami juga demikian. Saya punya firasat akan menjalani pertandingan ini dengan baik dan menjadi juara,” ujarnya pada Real Madrid TV.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif