Sport
Sabtu, 3 Juni 2017 - 07:30 WIB

FINAL LIGA CHAMPIONS : Kesempatan Terakhir Buffon untuk Juara?

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kiper Juventus, Gianluigi Buffon. (JIBI/REUTERS/Giorgio Perottino)

Final Liga Champions mempertandingkan Juventus vs Real Madrid.

Solopos.com, TURIN — Kalau harus memilih satu pemain yang bakal sangat termotivasi di final Liga Champions musim ini, dia adalah Gianluigi Buffon. Laga melawan Real Madrid di Stadion Millenium Cardiff adalah final Liga Champions ketiga Buffon dalam kariernya sebagai pesepakbola.

Advertisement

Dua final awal berakhir luka bagi Gigi, julukan akrabnya. Duel di Cardiff mungkin akan menjadi kesempatan terakhir bagi Gigi menuju pemain yang paripurna. Tahun depan usianya bakal mencapai kepala empat, biasanya menjadi ujung karier pesepakbola.

Ya, pemain kelahiran Tuscany itu telah bergelimang gelar bersama Parma, Juventus hingga Timnas Italia. Namun ada satu trofi yang belum pernah dimenangi Gigi yakni Liga Champions.

Buffon sebenarnya sempat amat dekat dengan piala kuping lebar itu saat Juve melangkah ke final turnamen tahun 2003. Namun asanya kandas oleh AC Milan lewat adu tendangan penalti setelah di waktu normal sama kuat 0-0. Gigi gagal merengkuh trofi meski mampu melakukan dua penyelamatan di babak tos-tosan.

Advertisement

Sekitar 12 tahun berselang Buffon mendapat kesempatan kedua saat menghadapi Barcelona di final. Sempat melakukan penyelamatan terbaiknya musim itu saat menghentikan tendangan Dani Alves [dulu pemain Barca], timnya Juve tetap takluk 1-3. Tahun ini Gigi kembali berada di final yang sama, dengan pengalaman yang jauh lebih banyak.

“Saya selalu bilang bahwa di sepak bola, masuk final tak ada artinya jika Anda tak juara,” ujar Buffon seperti dilansir Mirror, Jumat (2/6/2017).

Buffon menyebut banyak orang berpikir dirinya tak akan punya kesempatan lagi seusai kekalahan dari Barcelona dua tahun lalu. Namun pemegang 168 caps Timnas Italia ini selalu percaya akan mendapat kesempatan berikutnya. “Saya tidak melihat Liga Champions sebagai trofi yang menjauhi saya. Saya tetap bermimpi memenangkannya.”

Advertisement

Gelar Liga Champions bisa dibilang sangat penting bagi Gigi. Sebab, trofi itu bisa mengantarnya meraih gelar lain yang belum pernah dia menangi yakni Ballon d’Or. Sepanjang sejarah hanya ada satu kiper yang pernah meraih gelar itu yakni Lev Yashin tahun 1963.

Deretan pemain maupun yang sudah pensiun seperti Xavi Hernandez, Antoine Griezmann, Edgar Davids hingga Kylian Mbappe terang-terangan mendukung Gigi untuk meraih gelar itu. Demikian halnya mantan rekannya di Juve, Gianluca Zambrotta. “Ketika Anda bermain bersama seseorang seperti Buffon, ketika Anda bermain kacau, dia akan membantu menutup masalahmu,” ujarnya dilansir ESPN.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif