Entertainment
Jumat, 2 Juni 2017 - 22:45 WIB

Wow, Band Metal Berjilbab Asal Garut Jadi Sorotan Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Personel Vob. (Istimewa/Instagram/@peyfirddadvob)

Grup band metal muslimah asal Garut, VoB, sukses mencuri perhatian dunia.

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini, grup musik metal asal Indonesia, Voice of Baceprot (VoB), menarik perhatian dunia. Grup musik asal Garut, Jawa Barat, itu sangat istimewa lantaran beranggotakan tiga remaja wanita berjilbab.

Advertisement

Nama VoB mencuat seusai diwartakan kantor berita ternama asal Inggris, Reuters, Senin (29/5/2017). Grup musik yang beranggotakan Firdda Kurnia, Euis Siti Aisyah, dan Widi Rahmawati itu dibentuk pada 2014. Mereka membentuk grup tersebut guna memperlihatkan jilbab bukan penghalang bagi orang yang ingin berkarya.

“Jilbab semestinya tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk mengejar mimpi, termasuk menjadi penyanyi beraliran heavy metal. Saya pikir kesetaraan gender harus didukung tanpa mengurangi kewajiban sebagai wanita muslim, tetap berjilbab, menutup aurat, dan menjaga diri,” tutur Firdda, 16, vokalis VoB.

Advertisement

Selama ini, VoB kerap diundang mengisi acara di berbagai sekolah. Hal ini membuat mereka cepat terkenal dan menjadi idola para remaja. Tak hanya menyanyikan lagu dari sejumlah band metal ternama seperti Metallica dan Slipknot, tapi juga lagu yang diciptakan sendiri. Kebanyakan lagu tersebut mengangkat isu pendidikan di Indonesia.

Kendati demikian, penampilan VoB kerap menuai kontroversi. Sejumlah orang agaknya belum siap menerima kehadiran band metal yang digawangi perempuan muslim seperti VoB.

“Ini merupakan pemendangan tak biasa. Band metal yang identik dengan teriakan kasar pria kini ditampilkan oleh perempuan. Kami merasa aneh melihat hal yang tak lazim seprti itu,” tutur salah satu guru dari pesantren Cipari, Mohammad Soleh.

Advertisement

Berbagai cibiran itu tak membuat VoB patah semangat. Mereka justru semakin giat berlatih dan mengembangkan potensi. Tak hanya tampil di panggung acar sekolah, mereka juga sukses tampil di televisi. Pada April 2017, mereka diundang bernyanyi di acara Dahsyat RCTI. Dan yang terbaru, mereka akan menjadi bintang tamu di acara Hitam Putih.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif