Jogja
Jumat, 2 Juni 2017 - 08:55 WIB

LEBARAN 2017 : Pemudik Akan Datang, Siap-Siap Ada Rekayasa Lalin di DIY pada H-12

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang bus. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Lebaran 2017 dipersiapkan Organda dengan menyiapkan bus cadangan

Harianjogja.com, JOGJA — Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY sudah menyiapkan 840 unit bus cadangan untuk mengakut penumpang selama arus mudik dan arus balik hari libur Idul Fitri 1438 H.

Advertisement

Baca Juga : LEBARAN 2017 : Organda DIY Siapkan 840 Bus Cadangan

Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto mengatakan, pengecekan kendaraan angkutan lebaran akan dilakukan lebih sering dibanding hari biasa. Pengecekan dilakukan secara terbuka di Terminal Giwangan maupun inspeksi mendadak (Sidak) untuk memastikan kendaraan laik jalan.

Golkari memrediksi jumlah penumpang yang menggunakan bus pada lebaran tahun ini turun sekitar 1-3 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. Alasannya, kata dia, masyarakat sudah mulai memilih angkutan umum yang lebih cepat seperti pesawat dan kereta api.

Advertisement

“Dan beralih ke kendaraan pribadi juga jadi tambah banyak.” kata Golkari, Kamis (1/6/2017).

Karena itu untuk memperlancar arus lalu lintas di Kota Jogja, Dinas Perhubungan akan melakukan rekayasa lalu lintas mulai H-11 dan H-12. Di antaranya dengan mengatur ulang lampu lalu lintas di beberapa persimpangan pintu masuk Jogja.

“Arah menuju dalam kota lampu merahnya akan dipercepat. Sementara arah keluar lampu hijaunya diperlambat supaya tidak ada penumpukan kendaraan dalam kota.” jelas Golkari. Selain itu di beberapa ruas jalan juga akan dipasang pembatas jalan untuk mengindari pengendara berputar arah tidak pada tempatnya.

Advertisement

Pemasangan pagar pembatas tengah ajalan dimulai H-12 di Jalan Senopati, Jalan Mataram, Jalan Abu Bakar Ali, dan Jalan Ahmad Dahlan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif