News
Selasa, 30 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 30 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Im Yoon-Ah. (Dramafever.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 30 Mei, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-150—hari ke-151 dalam tahun kabisat—sistem kalender Gregorian, 30 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehstory.com dan Wikipedia.org, berikut ini Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 30 Mei.

Advertisement

1536
Raja Inggris, Henry VIII, menikahi Jane Seymour sebagai istri ketiga yang kelak ia percaya menjadi ratu. Henry VIII adalah raja Inggris yang dikenal memiliki banyak istri.

Jan Piterszoon Coen. (Mantul.net)

Advertisement

Jan Piterszoon Coen. (Mantul.net)

1619
Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta—kini Jakarta—dan mengganti namanya menjadi Batavia. Hari penaklukan tersebut lantas diperingati sebagai hari jadi Kota Batavia.

1814
Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte diasingkan ke Pulau Elba di sebelah selatan Italia. Ia diasingkan setelah kekalahannya dari Rusia, Austria, dan Prusia.

Advertisement

1937
Untuk kali pertama, pihak asing terlibat dalam Perang Saudara Spanyol. Pihak asing itu adalah Jerman yang bergabung dengan pasukan nasionalis dan berusaha mengalahkan pasukan loyalis. Keterlibatan Jerman dalam Perang Saudara Spanyol itu mendapatkan kecaman dari beberapa negara.

1941
Manolis Glezos dan Apostolos Santas mendaki Acropolis di Athena, Yunani untuk menurunkan bendera Jerman. Perbuatan tersebut dilakukan demi melemahan kekuasaan Jerman di Yunani.

1942
Kota Cologne di Jerman remuk-redam setelah dibombardir pasukan Sekutu menggunakan ratusan pesawat pengebom. Tidak berfungsinya alat peringatan kedatangan pesawat musuh di kota tersebut memudahkan pasukan Sekutu melancarkan serangan udara.

Advertisement

1967
Setelah menyatakan dukungannya kepada negara-negara Arab yang menolak pendirian negara Israel, Uni Soviet mulai mengirimkan dukungan berupa alat perang. Sebanyak 10 kapal perang dikirimkan Uni Soviet demi mendukung negara-negara Arab dalam mengalahkan Israel dalam Perang Arab-Israel.

Steven Gerrad. (Brighton.ac.uk)

1980
Steven George Gerrard lahir di Whiston, Merseyside, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola legendaris bagi klub Liverpool. Gerrard bergabung dengan Liverpool sejak berusia tujuh tahun di tim junior. Ia lantas dinobatkan sebagai kapten Liverpool di tim senior mulai 2003 hingga kepindahannya ke klub L.A. Galaxy pada 2015.

Advertisement

1990
Im Yoon-ah lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Ia lantas dikenal sebagai salah satu personel girl band ternama Korea Selatan, Girl’s Generation (SNSD) dari 2007 hingga sekarang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif