Teknologi
Kamis, 25 Mei 2017 - 08:00 WIB

TAHUKAH ANDA? : Asal Usul Selotip

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Scotch tape atau selotip (Dok/JIBI)

Tahukah Anda asal usul selotip?

Solopos.com, SOLO — Selotip pertama–di Amerika dinamakan Scotch tape–diciptakan pada tahun 1930 oleh Richard Drew.Scotch tape merupakan pita perekat transparan pertama di dunia.

Advertisement

Drew juga menemukan masking tape pada tahun 1925, sebuah perekat dari kertas cokelat selebar 5 cm. Mengutip Amazine, Senin (24/4/2017), Drew adalah seorang insinyur perusahaan 3M yang berbasis di St. Paul, Minnesota, Amerika Serikat. Ia bergabung pada 1923.

Richard Drew, penemu selotip (wikipedia)

m> pertama pada tahun 1925, sebagai solusi untuk masalah tersebut.Merk Scotch muncul saat Drew sedang menguji masking tape pertamanya untuk menentukan berapa banyak perekat yang dibutuhkan.Para teknisi bengkel yang frustasi dengan selotip sampel berujar, “Bawa kembali perekat ini ke bos Scotch dan letakkan lebih banya pelekat di dalamnya.”

Advertisement

Mulai saat itu, nama Scotch segera diterapkan untuk seluruh lini produk selotip buatan 3M.Richard Drew, insinyur muda 3M, yang menemukan selotip tahan air, transparan, dan anti lembab pada awalnya digunakan untuk menyegel bungkus makanan dan terutama digunakan oleh tukang roti, pedagang kelontong, dan pengepakan daging.

Drew mengirim selotip buatannya untuk diuji di sebuah perusahaan di Chicago yang mengkhususkan diri dalam pencetakan kemasan untuk produk roti. Tanggapan dari perusahaan ternyata amat baik, sehingga tak lama kemudian selotip diluncurkan di pasaran.

Namun, pada saat itu ekonomi Amerika dalam kondisi tertekan sehingga penggunaan selotip meluas tidak hanya sebagai perekat bungkus makanan tetapi juga digunakan untuk memperbaiki berbagai hal seperti memperbaiki halaman buku yang sobek, memperbaiki mainan rusak, hingga menyambung uang yang sobek.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Asal Usul Tahukah Anda?
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif