Soloraya
Sabtu, 29 April 2017 - 17:00 WIB

PASAR KLEWER SOLO : Pasar Darurat Klewer Tak Lagi Dijaga Mulai Minggu (30/4/2017)

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi salah satu lorong pasar darurat Pasar Klewer di Alun-Alun Utara Keraton Solo, Selasa (11/4/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Pasar darurat Pasar Klewer Solo akan ditinggalkan oleh pasukan pamswakarsa.

Solopos.com, SOLO — Mulai Minggu (30/4/2017), Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) tidak akan lagi mengerahkan pasukan pengamanan masyarakat swakarsa (Pamswakarsa) untuk menjaga pasar darurat Klewer di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo.

Advertisement

Pejabat Humas HPPK, Kusbani, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah memberi waktu kepada pedagang Pasar Klewer untuk meninggalkan pasar darurat Klewer paling lambat pada Minggu. Dia menyebut, HPPK telah membantu menyosialisasikan kebijakan tersebut kepada para pedagang.

HPPK bahkan telah meminta para pedagang untuk pindah berjualan ke bangunan Pasar Klewer baru paling lambat pada Sabtu (29/4/2017).

“Sosialiasi tersebut sudah kami sampaikan jauh-jauh hari. Kami menyarankan pedagang pindah sebelum batas waktu yang ditetapkan Pemkot agar punya kesempatan lebih leluasa untuk menata kios dan layout dagangan di Pasar Klewer baru,” kata Kusbani, Sabtu siang.

Advertisement

Kusbani menegaskan Pamswakarsa berjaga di pasar darurat Klewer untuk terakhir kalinya pada Sabtu malam. Kelompok Pamswakarsa pasar darurat Klewer yang terdiri dari kumpulan pedagang, pegawai, kuli panggul, penarik becak tersebut bakal dibubarkan pada Minggu.

Dengan demikian, lanjut dia, tidak ada lagi pihak yang menjamin keamanan barang dagangan milik pedagang yang masih ditinggal di Alut.

“Yang kami lihat di lapangan, pada Sabtu siang ini baru sekitar 70% pedagang yang buka di pasar baru. Sedangkan 30% pedagang lainnya masih mengurus kepindahan dari pasar darurat. Mereka harus segera pindah paling lambat hingga besok [Minggu]. Kami tidak memberi toleransi bagi pedagang yang tidak kunjung menyelesaikan kepindahan ke pasar baru. Kami tidak lagi menjaga pasar darurat,” jelas Kusbani.

Advertisement

Sebelumnya saat diwawancarai Espos, Wali Kota Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengancam akan menggembok pintu masuk Alut Keraton Solo pada Minggu. Dia telah meminta para pedagang di pasar darurat segera pindah berjualan ke Pasar Klewer baru sebelum tanggal 30 April 2017.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif