News
Kamis, 27 April 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 27 April

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nelson Mandela. (Forbes.com)

Catatan sejarah di berbagai belahan dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 27 April terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini.

Solopos.com, SOLO – Beragam rupa peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-117—hari ke-118 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 27 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 27 April, berikut:

Advertisement

Lukisan yang menggambarkan Tariq bin Ziyad. (gzt.com)

711
Pasukan Kekhalifahan Umayyah yang dipimpin Tariq bin Ziyad mendarat di Gibraltar untuk memulai invasi mereka ke kawasan Hispania yang kini menjadi bagian dari Portugal dan Spanyol. Peristiwa itu adalah awal dari Penaklukan Hispania oleh Kekaisaran Ummayah yang berlangsung hingga 718.

Advertisement

711
Pasukan Kekhalifahan Umayyah yang dipimpin Tariq bin Ziyad mendarat di Gibraltar untuk memulai invasi mereka ke kawasan Hispania yang kini menjadi bagian dari Portugal dan Spanyol. Peristiwa itu adalah awal dari Penaklukan Hispania oleh Kekaisaran Ummayah yang berlangsung hingga 718.

1909
Pemimpin Kesultanan Ottoman, Sultan Abdul Hamid II, digulingkan dari takhtanya melalui kudeta militer. Adik kandung Abdul Hamid II, Mehmed V, dituding sebagai otak di balik kudeta tersebut. Setelah digulingkan, ia lantas diasingkan ke Tesalonika, Yunani. Selama Perang Dunia I, ia dipindahkan ke Istana Belarbe. Abdul Hamid II meninggal pada 10 Februari 1918.

Dokumentasi yang menunjukkan pasukan Jerman di Athena, Yunani. (Pinterest.com)

Advertisement

1945
Setelah kekalahan Italia dalam Perang Dunia II, mantan pemimpin Italia Benito Mussolini tertangkap di Dongo, Italia. Saat tertangkap, Mussolini sedang menyamar sebagai tentara Jerman yang akan angkat kaki dari Italia. Ia lantas dieksekusi mati sehari kemudian.

1956
Petinju kelas berat asal Amerika Serikat (AS) Rocky Marciano menyatakan pengunduran dirinya dari dunia tinju profesional. Selama kariernya, Rocky telah melakoni 49 pertandingan yang kesemuanya berhasil ia menangi.

1978
Presiden Afganistan Sardar Mohammed Daoud Khan dibunuh pasukan pemberontak dalam sebuah kudeta militer.  Partai Demokrasi Rakyat Afganistan yang menganut paham Marxisme dituding sebagai dalang di balik kudeta dan pembunuhan presiden tersebut.

Advertisement

1992
Setelah pecahnya Republik Federal Sosialis Yugoslavia (RFSY), konfederasi Serbia dan Montenegro yang tersisa dibentuk kembali pada 1992 sebagai Republik Federal Yugoslavia (RFY). Pada 2003, negara tersebut dibentuk ulang dengan nama Negara Persatuan Serbia dan Montenegro.

1993
Semua pemain dan staf Tim Nasional Sepak Bola Zambia meninggal dunia setelah pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di Libreville, Gabon. Mereka sebenarnya hendak melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 1994 melawan Senegal di Dakar, Senegal.

1994
Afrika Selatan (Afsel) menggelar pemilihan presiden yang untuk kali pertama diikuti semua ras di negara tersebut. Sebelumnya, orang berkulit hitam di Afsel tak memiliki hak pilih. Dalam pemilihan itu, Nelson Mandela terpilih sebagai orang berkulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel.

Advertisement

2014
Paus Yohanes Paulus II dan Paus Yohanes XXIII dinyatakan sebagai Santo. Untuk kali pertama dalam sejarah, dua paus dikanonisasi pada waktu bersamaan. Ribuan orang berkumpul di Vatikan untuk mendengarkan kabar tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 26 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 25 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 April

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif