News
Rabu, 26 April 2017 - 15:30 WIB

Tips Presiden Jokowi Agar Perajin Sukses Gaet Pembeli Asing

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan mancanegara berebut foto bersama Presiden Jokowi saat blusukan di Beach Walk Mall, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (24/2/2017) malam.

Presiden Jokowi membeberkan tiga tips sederhana agar perajin dan industri kreatif sukses menggaet pembeli asing.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga tips bagi perajin produk industri kreatif agar bisa sukses menggaet pembeli asing. Hal itu berdasarkan pengalaman Jokowi yang memang telah menggeluti bisnis mebel sebelum terjun ke dunia politik.

Advertisement

Presiden mengaku pernah menjadi perajin dan mengikuti Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft). Namun, dirinya lupa tahun pelaksanaannya secara tepat dengan hanya menyebut pada 2000-an.

“Saya titip pesan kepada perajin industri kerajinan agar [produknya] on spec sesuai dengan spesifikasi pembeli, on budget sesuai dengan kemampuan pembeli, dan on time yaitu tepat waktu,” kata Jokowi dalam pembukaan Inacraft, Rabu (26/4/2017).

Dia optimistis jika para perajin mampu memenuhi ketiga hal tersebut, pemasaran produk kerajinan dalam negeri akan meningkat. Di sisi lain, perlu adanya perbaikan kemasan semenarik mungkin untuk menambah minat pembeli.

Advertisement

Jokowi menuturkan perajin juga bisa memperbesar modal dengan memanfaatkan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) yang saat ini suku bunganya hanya 9%. Namun, sebelum mengajukan pinjaman diharapkan sudah membuat perhitungan yang matang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif