Teknologi
Rabu, 26 April 2017 - 19:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Ilmuwan Sebut Manusia Kerdil Ada di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Homo Floresiensis (Science Vibe)

Hasil penelitin menyebutkan hobbit tinggal di Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Para ilmuwan mengungkap manusia berukuran kecil seperti yang terlihat dalam film The Lord of the Rings hidup di Indonesia. Dalam film tersebut, makhluk menyerupai manusia namun berukuran kecil itu disebut dengan hobbit.

Advertisement

Menurut penelitian yang diungkapkan oleh Mashable dan dikutip Okezone, Rabu (26/4/2017), adanya hobbit di Indonesia tertulis di jurnal yang dibuat oleh ilmuwan dari Australian National University.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Evolution tersebut menjelaskan makhluk hobbit dinamakan sebagai jenis Homo Floresiensis. Makhluk kerdil itu ditemukan oleh para ilmuwan pada 2003.

Homo Floresiensis dianggap sebagai mutasi tunggal dari jenis Homo Sapiens. Tinggi dari makhluk tersebut hanya sepanjang 3,5 kaki atau sekitar 1 meter. Untuk menyelesaikan tugas tersebut, para peneliti mempelajari secara menyeluruh sisa-sisa Florensiensis.

Advertisement

Ilmuwan mampu menghasilkan 133 titik data untuk dibandingkan dengan spesies manusia primitif lain yang diketahui. Dari struktur kerangka manusia hobbit, diketahui makhluk tersebut memiliki lebih banyak kesamaan dengan nenek moyang manusia yang paling purba dari Afrika yakni Homo Habilis.

Namun sayang, tidak disebutkan di mana para ilmuwan tersebut menemukan manusia hobbit. Sebab, beberapa waktu lalu publik Indonesia sempat dihebohkan oleh penampakan Suku Mante yang ada di Aceh. Suku tersebut diketahui memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil serta tinggal di pedalaman hutan di Pulau Sumatera.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif