News
Rabu, 26 April 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia hari Ini, 26 April

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan yang menampilkan sosok William Shakespeare. (Quotecatalog.com)

Catatan sejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 26 April dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 26 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 26 April:

Advertisement

1564
William Shakespeare dibaptis di Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai sastrawan yang melahirkan karya-karya yang legendaris. Karya-karyanya menjadi bahan pembelajaran wajib di sekolah-sekolah sastra, khususnya sastra Inggris. Tanggal lahir Shakespeare tak diketahui secara pasti. Banyak yang menganggap hari pembaptisan tersebut sebagai hari ulang tahun sang sastrawan.

1803
Ribuan serpihan meteor jatuh di kawasan L’Agile, Prancis. Peristiwa itu membuat para ilmuwan di Eropa meyakini bahwa benda langit dapat jatuh ke bumi.

Advertisement

1803
Ribuan serpihan meteor jatuh di kawasan L’Agile, Prancis. Peristiwa itu membuat para ilmuwan di Eropa meyakini bahwa benda langit dapat jatuh ke bumi.

1865
Pasukan militer Amerika Serikat (AS) menembak mati orang yang membunuh Presiden AS Abraham Lincoln, yakni John Wilkes Booth. Booth menembak mati Presiden Lincoln saat sang presiden sedang menonton teater di Washington D.C. bersama istrinya beberapa hari sebelumnya.

1933
Kesatuan polisi rahasia milik pemerintahan Nazi Jerman, Gestapo, resmi didirikan. Gestapo memiliki tugas utama memantau dan membasmi lawan-lawan politik yang berusaha menentang pemerintahan Nazi Jerman.

Advertisement

1945
Pasukan Filipina bersama tentara Amerika Serikat (AS) menyerang pasukan Jepang di Kota Baguio, Filipina. Pasukan Filipina dan AS berusaha mengusir Jepang yang menduduki Kota Baguio. Jepang akhirnya kalah dalam peristiwa yang disebut Pertempuran Pembebasan Baguio itu dan menyerahkan Kota Baugio kepada pihak Filipina.

Dokumentasi bencana nuklir di Chernobyl, Ukraina. (Stateofthenation2012.com)

1986
Reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina meledak dan mengempaskan awan radioaktif ke angkasa. Radiasi yang disebabkan ledakan tersebut menyebar hingga ke beberapa negara lain di Eropa. Ledakan tersebut dianggap sebagai bencana nuklir terbesar sepanjang sejarah manusia.

Advertisement

1989
Tornado besar menyapu Kota Saturia, Bangladesh. Sebanyak 80.000 orang kehilangan tempat tinggalnya dan lebih dari 1.300 orang tewas karena sapuan tornado. Tornado di Banghladesh itu adalah satu yang terbesar yang pernah terjadi di era modern.

Diego Maradona. (Historylocker.com)

1991
Bintang sepak bola Diego Maradona ditangkap polisi di Argentina. Ia ditangkap atas tuduhan penggunaan kokain. Maradona juga dituduh sebagai pemilik dan pengedar sejumlah obat-obatan terlarang lainnya.

Advertisement

2005
Sebanyak 14.000 tentara Suriah ditarik dari Lebanon setelah didesak banyak negara. Penarikan pasukan militer itu sekaligus mengakhiri kontrol Suriah terhadap Lebanon yang sudah berlangsung selama 29 tahun. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 22 April

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif