Teknologi
Selasa, 25 April 2017 - 19:10 WIB

HASIL PENELITIAN : 5 Telur Dinosaurus Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Telur dinosaurus di Tiongkok (news.sky.com)

Ilmuwan Tiongkok menemukan lima telur dinosaurus.

Solopos.com, SOLO – Ilmuwan menemukan telur hewan purba dinosaurus di lokasi konstruksi di China Tenggara. Telur tersebut diperkirakan berusia 70 juta tahun lalu.

Advertisement

Lima buah telur dinosaurus juga ditemukan terkubur di batu pasir di kota Foshan di Provinsi Guangdong, Tiongkok pada kedalaman sekitar 8 meter atau 26 kaki.

“Kami menemukan lima telur, tiga hancur tapi masih bisa terlihat. Dua lainnya memiliki jejak di atas batu, telurnya berbentuk bulat, milik dinosaurus pemakan tumbuhan fitofag,” kata peneliti Qiu Licheng dari Institut Arkeologi Guangdong sebagaimana dikutip Okezone dari Sciencealert, Senin (24/4/2017).

Para ilmuwan berpikir mereka tersembunyi sejak periode Cretaceous. Penyebab rusak tersebut diklaim karena tertimbun tanah, dengan permukaan kulit yang masih terlihat, dan bagian dalam telurnya dipenuhi batu.

Advertisement

Hingga kini peneliti belum bisa memastikan umur telur tersebut. Fosil sedang diteliti di museum lokal. Ini bukan kali pertama telur hewan yang sudah punah itu ditemukan di bagian Tiongkok.

Telur dinosaurus telah ditemukan sejak 1980 di belahan dunia. Sebelumnya pada 2015, kota Heyuan menemukan telur terbesar di dunia sebanyak 43 buah.

“Ada dua hal yang spesial dari Sanshui Basin, Foshan; satu, kaya akan mineral, dua di antaranya kaya akan fosil, seperti telur dinosaurus dari periode Cretaceous atau fosil ikan dari periode Paleogene,” ujar kepala ahli geologi Foshan, Liu Jianxiong.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif