News
Selasa, 25 April 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 25 April

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto dokumentasi Terusan Suez pada 1900-an. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia pada 25 April dari tahun ke tahun .

Solopos.com, SOLO – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-115—hari ke-116 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 25 April. Demi mengenang sejumlah peristiwa itu, Solopos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 25 April, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

775
Pertempuran Bagrevand yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Abbasiyah dan pemberontak Armenia meletus di Armenia. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri pemberontakan orang Armenia yang menolak pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah di Armenia.

1644
Pemimpin Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok, Kaisar Chongzhen, tewas bunuh diri. Ia melakukan bunuh diri saat pemberontakan yang dilakukan para petani dengan dipimpin Li Zicheng sedang berlangsung. Chongzhen adalah kaisar terakhir dari Dinasti Ming.

Advertisement

1644
Pemimpin Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok, Kaisar Chongzhen, tewas bunuh diri. Ia melakukan bunuh diri saat pemberontakan yang dilakukan para petani dengan dipimpin Li Zicheng sedang berlangsung. Chongzhen adalah kaisar terakhir dari Dinasti Ming.

1859
Terusan Suez di Mesir mulai dibangun demi mempercepat transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya terusan tersebut, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya melalui jalur darat antara Laut Tengah dan Laut Merah. Pembangunan Terusan Suez selesai pada 17 November 1869.

1915
Pasukan Inggris, Prancis, India, Australia, dan Selandia Baru mendarat di Teluk Anzac dan Tanjung Helles untuk menginvasi wilayah Gallipoli di Turki. Invasi itu menyebabkan meletusnya Pertempuran Gallipoli.

Advertisement

1945
Pasukan Jerman menarik diri dari Lapland, Finlandia dan menjadi akhir dari Pertempuran Lapland. Pertempuran tersebut adalah pertempuran terakhir yang dilakukan militer Jerman dalam Perang Dunia II.

1954
Prancis membombardir Vietnam dengan pesawat tempur dan pengebom demi mengalahkan pasukan Komunis di Vietnam dalam Perang Indochina I. Prancis menyerang Vietnam dengan menjatuhkan ratusan ton bom dan membuatnya menjadi serangan terbesar yang dilakukan Prancis dalam Perang Indochina I.

David William Moyes. (Huffingtonpost.co.uk)

Advertisement

1963
David William Moyes lahir Glasgow, Skotlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pelatih sepak bola yang pernah menukangi tim besar di Inggris, yakni Everton dan Manchester United.

1993
Sebanyak 300.000 orang yang mengaku sebagai kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) serta para aktivis yang mendukung mereka melakukan demonstrasi di Washington D.C., Amerika Serikat (AS). Mereka turun ke jalan untuk menentang diskriminasi yang mereka alami di AS.

Tito Vilanova. (Turner.com)

Advertisement

2014
Mantan pelatih klub sepak bola Barcelona, Tito Vilanova, meninggal dunia pada usia 45 tahun akibat penyakit kanker yang ia derita. Ia ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada 2012 untuk masa kontrak selama dua tahun. Namun ia mengundurkan diri pada 2013 karena kondisi kesehatannya yang terus menurun. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semrangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 22 April

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif