Jogja
Senin, 24 April 2017 - 04:22 WIB

TIPS INVESTASI : Rancang Keuangan Jangka Panjang Sejak Awal

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelola keuangan (Freemanav-ca.com)

Tips investasi berikut untuk merencanakan pendapatan demi masa depan keluarga

Harianjogja.com, JOGJA — Mengatur pendapatan sejak awal berumah tangga mestinya menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap pasangan suami istri. Biaya kehidupan, kebutuhan rumah tangga dengan segala tetek bengeknya menuntut pasangan suami istri pandai dalam mengatur pengeluaran.

Advertisement

Seperti hal yang dialami oleh salah satu ibu muda asal Jogja, Ratika Larasati Noviningsih, 28. Sejak awal memiliki buah hati, ia dan suaminya sudah memulai membuat sejumlah perencanaan, terutama perencanaan mengelola keuangan. Salah satunya yakni rencana biaya Pendidikan kedua buah hatinya kembarnya, Muhammad Asyraf Adhyasta Sumaryanto dan Muhammad Arsyad Adhyasta Sumaryanto, yang baru menginjak usia empat bulan.

Ia mengetahui pada dasarnya banyak cara dalam mengelola keuangan rumah tangganya, terutama untuk memikirkan persoalan Pendidikan di masa depan bagi anaknya yang sangat penting bagi ia dan suaminya sebagai orangtua.

“Saya memilih menabung untuk mempersiapkan kebutuhan keuangan anak-anak saya kelak,” kata Ratika, Senin (3/4/2017).

Advertisement

Warga Puluhdadi, Seturan, Caturtunggal tersebut mengatakan dalam mempersiapkan biaya pendidikan untuk kedua buah hatinya, ia lebih memilih menabung dibandingkan dengan harus membuka asuransi. Menurutnya, dengan menabung secara manual manajemen keuangan dapat berjalan lebih baik. Baginya, apabila menggunakan asuransi maka ada sejumlah hal yang harus lebih dipersiapkan secara matang.

“Kalau asuransi sepertinya harus ada target uang setiap bulanya dan tidak bisa diambil sewaktu-waktu,” kata dia.

Ratika melanjutkan , apabila harus dibandingkan,menurutnya dengan membuka tabungan maka akan lebih mudah dalam mengelola keuangan terlebih secara pribadi. Sehingga apabila berada dalam waktu yang sedang membutuhkan uang maka dapat saja diambil sewaktu-waktu tabungan tersebut.

Advertisement

Ia dan suaminya yang baru dua tahun menikah mengaku masih dalam tahapan untuk terus belajar segala hal terkait manajemen, tak terkecuali keuangan. Namun, Ratika mengaku tak menutup kemungkinan suatu hari ia dan suaminya akan mengikuti program asuransi pendidikan untuk anak-anaknya kelak.

Bagi ibu muda berjilbab tersebut, Pendidikan, menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Perencanaan jangka panjang perlu dimulai sejak sekarang, sehingga segala hal dapat berjalan sesuai harapan tanpa diburu-buru waktu yang mepet untuk memenuhi kebutuhan, terlebih masalah biaya yang sifatnya tak dapat diperoleh secara instan.

“Sekarang ini semua serba mahal, jadi harus dipersiapkan jauh-jauh hari,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif