Soloraya
Senin, 24 April 2017 - 12:30 WIB

Penasaran, Warga Mulai Datangi Pasar Klewer

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung Pasar Klewer sisi barat memilih pakaian di salah satu kios, Sabtu (22/4/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Sejumlah pengunjung mulai mendatangi Pasar Klewer.

Solopos.com, SOLO – Pasar Klewer sisi barat mulai dikunjungi masyarakat sejak Sabtu (22/4/2017). Aktivitas jual beli pun mulai berlangsung di beberapa kios.

Advertisement

Salah satu pengunjung, Gito, warga Tasikmadu, Karanganyar, mengaku penasaran dengan kondisi pasar yang baru saja diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Jumat (21/4/2017) itu. “Setelah mendengar dari berita, saya penasaran. Ini dari rumah memang berniat untuk datang ke Pasar Klewer saja,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer sisi barat, Sabtu (22/4/2017).

Pada kesempatan itu dia mengunjungi lantai semibasement dan lantai satu. Dia juga sempat mengunjungi beberapa kios yang telah buka. Saat ditanya tentang kesan pertamanya setelah melihat pasar baru itu, dia tidak banyak memberikan komentar. “Jalannya sempit. Kalau untuk [sirkulasi] udaranya, tidak tahu nanti, ini belum semua pedagang masuk,” kata dia.

Suasana Pasar Klewer. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Advertisement

Menurut pengunjung lain, Indriyati, mengatakan sering datang ke pasar tersebut untuk mengulak pakaian. Kedatangannya ke Pasar Klewer baru adalah untuk mencari kios langganannya. “Saya biasanya ambil pakaian di sini. Katanya sudah mulai pindah dari pasar darurat, saya ingin mencari di mana lokasi barunya, tapi belum ketemu,” kata dia.

Sedangkan untuk kesan pertamanya saat melihat Pasar Klewer sisi barat, dia mengatakan kios pasar yang baru terlihat lebih sempit.

Sementara itu pada Sabtu, beberapa kios di pasar baru sudah melakukan transaksi jual beli. Di kios Mula Indah di Blok C misalnya, terlihat beberapa pengunjung mendatanginya dan menawar beberapa pakaian. Menurut karyawan kios yang tidak mau disebut namamya, hari itu, Sabtu, merupakan hari pertama mendapatkan konsumen di pasar baru. “Ada sekitar 80 potong pakaian yang terjual. Tadi ada empat orang yang datang,” kata dia.

Advertisement

Menurut petugas humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, juga mengatakan sejumlah pedagang sudah mulai melakukan transaksi jual beli di pasar baru. “Di tempat saya juga sudah mendapat konsumen,” kata dia, Sabtu.

Di sisi lain sejumlah kios masih tutup. Ada pula yang masih ditata. Sejumlah pekerja terlihat sibuk menyusun rak dan memasang gembok pada pintu kios. Masih terlihat pula beberapa pedagang yang keluar masuk pasar memindahkan barang dagangan dari pasar darurat ke bangunan pasar yang baru.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif